Konstruksi Konsep Pengembangan Ekonomi Syariah Berbasis Kearifan Lokal (Studi Peran Tungku Tigo Sajarangan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Sumatera Barat)

Mursal, Mursal (2017) Konstruksi Konsep Pengembangan Ekonomi Syariah Berbasis Kearifan Lokal (Studi Peran Tungku Tigo Sajarangan Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah Sumatera Barat). Doctoral thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Disertasi_Komplit.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana konvergensi Tungku Tigo Sajarangan dalam pengembangan ekonomi syariah melalui Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS), dan selanjutnya mengonstruksi bagaimana konsep pengembangan ekonomi syariah berbasis kearifan lokal Tungku Tigo Sajarangan dalam pengembangan LKMS. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologis, dan menggunakan metede Studi Kasus. Sumber data penelitian ini diperoleh dari para informan yang dianggap memilki informasi tentang fokus penelitian ini, yaitu manager LKMS dan informan lain yang dianggap mendukung penelitian ini. Berdsarkan data-data yang diperoleh, penelitian ini mengahasilkan kesimpulan: Pertama, Tungku Tigo Sajarangan belum optimal memberi peran dalam pengembangan ekonomi syariah di Sumatera Barat. Kedua, penguatan peran Tungku Tigo Sajarangan dapat dijadikan modal dan model pengembangan ekonomi syariah melalui LKMS dengan: meningkatkan sinergisitas dengan pihak terkait,

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: yarak, syarak basandi kitabullah. Kata kunci: K
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 02 Sep 2022 09:25
Last Modified: 02 Sep 2022 09:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15672

Actions (login required)

View Item View Item