Pengalaman Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan

Lyana, Evi (2021) Pengalaman Guru Tahfizh Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI EVI LYANA 2021 UIN SU NEW 3.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan mengenai pengalaman guru Tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al-Qur’an, tentang proses menghafal Al-Qur’an dan mengulas tentang kemampuan menghafal Al-Qur’an di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Subjek penelitiannya yaitu Guru Tahfizh di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan dan informannya adalah Kepala Sekolah SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan dan Siswa SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan berdasarkan analisis deskriptif yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman Guru Tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al- Qur’an di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan. Proses menghafal Al- Qur’an di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan terdiri dalam tiga tahapan yaitu dimulai dengan tahap perencanaan dalam menghafal Al-Qur’an yang dimulai dengan belajar tahsin, kemudian tahapan kedua dilihat dari segi waktu dalam menghafal harian nya 2,5 jam serta pada tahap pelaksanaanya guru Tahfizh menggunakan metode- metode dalam menghafal Al- Qur’an yaitu metode menghafal mandiri, metode menghafal per halaman, metode takrir dan metode talaqqi, dan dalam proses menghafal media yang digunakan adalah Al- Qur’an dan speaker murattal qur’an. Untuk tahap evaluasi dimulai dengan evaluasi bulanan dan evaluasi harian. Untuk kemampuan menghafal Al- Qur’an di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan diklasifikasikan menjadi dua yaitu kemampuan siswa dalam memahami tahsin dan kemampuan siswa dalam menghafal Al- Qur’an. Dalam penelitian ini bahwa siswa terbagi dalam dua kategori yaitu siswa yang memiliki pemahaman tahsin dengan baik dan siswa yang belum memahami tahsin dengan baik. Kemudian untuk kemampuan siswa dalam menghafal Al- Qur’an juga memiliki kemampuan yang baik dalam menghafal dan ada juga yang tidak memiliki kemampuan dengan baik, hal ini dikarenakan siswa yang tidak memahami tahsin dengan baik, sehingga menghambat proses menghafal Al- Qur’an. Dalam pengalaman guru Tahfizh dalam meningkatkan kemampuan menghafal Al- Qur’an di SMP Plus Jabal Rahmah Mulia Medan, yang dilakukan adalah dengan memberikan motivasi, disiplin waktu, membimbing siswa untuk murojaah, memberikan punishment dan reward, pendekatan ke anak, menyediakan bengkel Tahfizh dan menggunakan metode yang bervariasi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengalaman Guru Tahfizh, Menghafal Al-Qur’an
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Sep 2022 08:15
Last Modified: 02 Sep 2022 08:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15668

Actions (login required)

View Item View Item