Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Metode Kerja Kelompok Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Ghazali Medan Barat

Hasibuan, Siti Nawin (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Sosial Anak Melalui Metode Kerja Kelompok Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Al-Ghazali Medan Barat. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_SITI NAWIN HASIBUANN .pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) Kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun sebelum menggunakan metode kerja kelompok di RA Al-Ghazali, (2) Pelaksanaan metode kerja kelompok untuk meningkatkan kemampuan sosial anak usia 5-6 Tahun di RA Al-Ghazali, (3)Kemampuan sosial anak usia 5-6 tahun sesudah menggunakan metode kerja kelompok di RA Al-Ghazali. Subjek penelitian ini seluruh anak usia 5-6 tahun di kelas Kelompok B tsani RA Al-Ghazali, sedangkan objek penelitiannya adalah penggunaan metode kerja kelompok dalam meningkatkan kemampuan sosial anak di RA Al-Ghazali yang berjumlah 9 orang anak. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan persentase menunjukkan 85% anak mengalami peningkatan kemampuan sosial melalui metode metode kerja kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode kerja kelompok. Pada saat dilakukan observasi pra tindakan, persentase kemampuan sosial anak sebesar 33.3%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus I sebesar 66.3% dan pada pelaksanaan siklus II juga mengalami peningkatan yang sangat baik yaitu 88.9 %.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sosial, Metode Kerja Kelompok
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 02 Sep 2022 07:29
Last Modified: 02 Sep 2022 07:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15661

Actions (login required)

View Item View Item