Hubungan Paparan Pestisida Oragnofosfat Terhadap Jumlah Kadar Enzim Kolinesterase dalam darah pada Petani Cabai dan Semangka di desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang

Zein, Syovia Syavira (2020) Hubungan Paparan Pestisida Oragnofosfat Terhadap Jumlah Kadar Enzim Kolinesterase dalam darah pada Petani Cabai dan Semangka di desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SYOVIA SYAVIRA ZEIN (0801163075).pdf

Download (5MB)

Abstract

Penduduk Indonesia mayoritas bermata pencaharian sebagai petani. Aktivitas pertanian memerlukan pestisida untuk memberantas hama dan penyakit tanaman. Pestisida Organofosfat adalah salah satu jenis pestisida yang paling banyak digunakan oleh petani. Penggunaan pestisida yang tidak sesuai dengan prosedur mengakibatkan gangguan kesehatan pada petani. Salah satu indikator keracunan pestisida adalah melihat aktivitas Enzim Kolinesterase dalam darah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan paparan Pestisida Organofosfat terhadap jumlah kadar Enzim Kolinesterase dalam darah pada petani cabai dan semangka di Desa Karang Gading Kabupaten Deli Serdang. Penelitian dilakukan pada tahun 2020, jenis penelitian deskriptif analitik dengan menggunakan pendekatan potong lintang (cross sectional). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh petani Cabai dan Semangka di Di desa Karang Gading. Sampel berjumlah 30 petani yang terdiri dari 5 petani Cabai dan 25 petani Semangka. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner dan pemeriksaan Enzim Kolinesterase. Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat (Chi-Square). Hasil pemeriksaan pada petani Desa Karang Gading didapat hasil Sebesar 13 orang (43,3%) petani dengan jumlah kadar Enzim Kolinesterase di bawah normal. Simpulan penelitian ini adalah ada hubungan antara paparan pestisida meliputi umur (p-value 0,020), Masa kerja (p-value 0,020), Frekuensi penyemprotan (p- value 0,001), Jumlah campuran (p-value 0,020), Dosis Pestisida (p-value 0,020), penggunaan APD (p-value 0,000), terhadap Jumlah Kadar Enzim Kolinesterase dalam darah pada petani. dan tidak ada hubungan antara paparan pestisida meliputi Lama penyemprotan (p-value 0,355), Waktu penyemprotan (p-value 1,000) terhadap Jumlah Kadar Enzim Kolinesterase dalam darah pada petani.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pestisida Organofosfat, Kolinesterase, Paparan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:53
Last Modified: 02 Sep 2022 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15646

Actions (login required)

View Item View Item