Perspektif Pengguna Gadget Mengenai Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Informasi Berita Lokal (Studi Kasus Karyawan Perkebunan Bungara Kecamatan Bahorok Langkat)

Irfan, Muhammad (2021) Perspektif Pengguna Gadget Mengenai Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Informasi Berita Lokal (Studi Kasus Karyawan Perkebunan Bungara Kecamatan Bahorok Langkat). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Muhammad Irfan (0105173283).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Perspektif Pengguna Gadget Mengenai Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Informasi Berita Lokal (Studi Kasus Karyawan Perkebunan Bungara Kecamatan Bahorok Langkat).” Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perspektif karyawan Perkebunan Bungara Kecamatan Bahorok Langkat mengenai Aplikasi Tik Tok sebagai Media Informasi Berita Lokal serta untuk mengetahui keefektifan dari Aplikasi Tik Tok sebagai Media Informasi Berita Lokal. Teori yang dianggap relevan dalam penelitian ini adalah Teori New Media. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Menggunakan 5 orang informan sebagai sumber memperoleh data, dengan menggunakan teknik sampling purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada pandangan Saran Takos dan Netting. Hasil yang didapat dari penelitian ini adalah Perspektif Pengguna Gadget mengenai Aplikasi Tik Tok sebagai Media Informasi Berita Lokal adalah negatif. Dimana informan mengatakan beberapa akun dari aplikasi Tik Tok tersebut banyak yang menyebarkan berita hoax atau berita bohong, sehingga hal ini menjadi salah satu pemicu kekurangan dari aplikasi tersebut sebagai media informasi berita lokal. Dan perspektif pengguna gadget yaitu karyawan Desa Perkebunan Bungara mengenai keefektifan dari aplikasi Tik Tok ini sebagai media informasi berita lokal adalah negatif. Dilihat dari lamanya durasi yang disajikan aplikasi Tik Tok tersebut, informan menilai bahwa aplikasi ini kurang efektif dalam menyampaikan sumber informasi berita lokal. Dikarenakan durasi penayangan video konten berita yang terlalu singkat yang mana menjadikan sebuah kekurangan dari aplikasi Tik Tok tersebut dalam menyampaikan informasi berita lokal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perspektif, Gadget, Aplikasi Tik Tok
Subjects: 300 Social sciences > 303 Social processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:45
Last Modified: 02 Sep 2022 04:45
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15645

Actions (login required)

View Item View Item