Rekonstruksi Model Penilaian Kinerja Bank Syariah Berbasis SATF Value

Hani, Syafrida (2021) Rekonstruksi Model Penilaian Kinerja Bank Syariah Berbasis SATF Value. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Disertasi Syafrida Hani OK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menyajikan sebuah model penilaian kinerja yang berbasis STAF Values. Sebelumnya peneliti melakukan kajian tentang indikator penilaian kinerja bank syariah yang berlaku di Indonesia saat ini, apakah sudah mencerminkan lembaga keuangan yang Islami. Dengan menggunakan pendekatan rekonstruksi dan grounded theory, dibantu alat analisis NVIVO dan validasi akhir dilakukan melalui expert judgement, diidentifikasi melalui proses coding untuk menentukan kata kunci dan konsep, sehingga mengungkapkan apa tujuan utama dari setiap elemen SATF. Penelitian ini menemukan bahwa penilaian kinerja bank syariah masih didominasi pada aspek keamanan dan kualitas aset, kemampuan memenuhi likuiditas dan laba, kecukupan pendanaan, dan investasi, keberpihakannya masih pada kepentingan manajemen bank syariah. SATF Values merupakan model penilaian kinerja berdasarkan nilai-nilai kepemimpinan Nabi Muhammad SAW, yaitu shiddiq, amanah, tabligh, dan fathona, berfokus pada aspek sosial kemasyarakatan tanpa mengabaikan karakteristik bank sebagai institusi bisnis yang mengelola dana masyarakat sesuai dengan prinsip-prinsp Syariah. SATF Values menghadirkan rasio-rasio yang dianggap mampu menjelaskan kepedulian bank syariah terhadap keadilan, kebersamaan, dan pemerataan kesejahteraan rakyat. Pada dimensi Siddiq indikator penilaian dibangun dari tingkat kepercayaan, akuntabilitas dan kinerja keuangan dengan bobot nilai 32%. Dimensi Amanah dikembangkan dari konsep responsibility dan perspektif sosial, dengan pembobotan tertinggi sebesar 35%. Dimensi Tabligh berkaitan dengan transparansi dan kepatuhan syariah, memiliki bobot sebesar 17%, dan 16% pada dimensi fathonah.

Jenis Item: Skripsi (Doctoral)
Uncontrolled Keywords: penilaian kinerja, maqashid syariah, kepatuhan syariah, akuntabilitas, transparansi, responsibility, restrukturisasi.
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Sep 2022 04:40
Last Modified: 02 Sep 2022 04:40
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15643

Actions (login required)

View Item View Item