Peran Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia Dalam Pemberdayaan ekonomi Ibu Rumah Tangga Melalui Industri Rajutan Di Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun

Hayani, Raya (2022) Peran Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia Dalam Pemberdayaan ekonomi Ibu Rumah Tangga Melalui Industri Rajutan Di Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi RAYA HAYANI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Peran Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia dalam pemberdayaan ekonomi ibu rumah tangga melalui kegiatan merajut. Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan subjek penelitian adalah ketua Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia. Objek penelitian ini adalah ibu-ibu rumah tangga pengrajin rajutan di Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun . Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dalam beberapa tahap yaitu: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Temuan penelitian ini sebagai berikut: (1) Peran Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia dalam Pemberdayaan Masyarakat dalam Kegiatan Merajut di Kelurahan Aur Kecamatan Medan Maimun yaitu dengan melaksanakan pelatihan serta melakukan pendampingan terhadap ibu-ibu rumah tangga pengrajin rajutan yang sudah terdaftar di Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia. (2) Perkembangan Perekonomian Ibu Rumah Tangga melalui kegiatan merajut, pada awalnya masih sangat rendah, tapi setelah dibantu Yayasan Fajar Sejahtera Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Daerah sekarang jadi meningkat. (3) Faktor Penghambat dan Pendukung dalam kegiatan merajut, Faktor Penghambatnya, yaitu terbatasnya dana yang diberikan pemerintah, serta ketersediaan alat/bahan yang terbatas. Sedangkan Faktor Pendukungnya, yaitu Adanya Metode Bervariasi, dan adanya Motivasi dari keluarga.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:50
Last Modified: 02 Sep 2022 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15634

Actions (login required)

View Item View Item