Analisis Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Budidaya Jamur Tiram (Study Kasus Reza Jamur Jaya Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan)

Lubis, Lisna R. (2021) Analisis Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Budidaya Jamur Tiram (Study Kasus Reza Jamur Jaya Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Lisna R Lubis 0501161002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Reza jamur jaya merupakan salah satu usaha budidaya jamur tiram yang dikelola oleh bapak Reza yang terletak di Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan. Dimana usaha budidaya jamur tiram ini dikelola oleh masyarakat setempat asli desa sei rotan tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan perekonomian keluarga. Rumusan masalah dalam penelitian bagaimana proses pemberdayaan ekonomi keluarga dalam usaha budidaya jamur tiram di Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan dan bagaimana respon masyarakat di Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan dengan adanya pemberdayaan usaha budidaya jamur tiram ini. Penelitian ini bertujuan untuk apakah usaha budidaya jamur tiram Reza jamur jaya dapat meningkatkan perekonomian keluarga masyarakat desa Sei Rotan dan ingin melihat bagaimana respon masyarakat terhadap adanya usaha budidaya jamur tiram ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan. Dengan adanya usaha budidaya jamur tiram maka dapat meningkatkan ekonomi keluarga masyarakat di desa sei rotan hal tersebut dilihat dari segi pendidikan, kesehatan dan pendapatan dimana pendapatan masyarakat sebelum adanya usaha budidaya jamur tiram ini rendah dan setelah adanya budidaya jamur tiram perekonomian masyarakat mulai membaik. Dari hasil penelitian yang dilakukan respon masyarakat Desa Sei rotan terhadap adanya usaha budidaya jamur tiram sebagian kurang antusias. Namun lain dari itu beberapa masyarkat merespon adanya usaha budidaya jamur tiram ini dengan positif, karena dengan adanya usaha budidaya jamur tiram ini dapat meningkatkan perekonomian mereka.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ekonomi Keluarga, Budidaya, Jamur Tiram
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Sep 2022 03:37
Last Modified: 02 Sep 2022 03:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15632

Actions (login required)

View Item View Item