Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Kerajinan Anyaman Lidi Sawit Mandiri Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Di Desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang

Lestari, Fuji (2021) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kelompok Kerajinan Anyaman Lidi Sawit Mandiri Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi Keluarga Di Desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI FUJILESTARI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kelompok Kerajinan Anyaman Lidi Sawit Mandiri merupakan kelompok yang bertujuan untuk memperdayakan masyarakat dengan cara memanfaatkan potensi alam yang berupa lidi sawit yang dikreasikan menjadi sebuah kerajinan yang dapat bernilai ekonomis dan banyak diminati oleh masyarakat. Alasan penulis memilih judul skripsi ini selain dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga dampak dari pemberdayaan masyarakat ini juga dapat membuka lowongan pekerjaan bagi masyarakat desa Karang Gading. Tujuan pada penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok kerajinan anyaman lidi sawit mandiri dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga di Desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Pada penelitian ini penulis juga menjelaskan tentang hasil yang dicapai dalam proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok kerajinan anyaman lidi sawit mandiri, serta memaparkan apa saja yang menjadi hambatan-hambatan dalam proses pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kelompok kerajinan anyaman lidi sawit mandiri di Desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunkan pendekatan kualitatif dengan metode pendekatan deskriftif (menggambarkan) ataupun menceritakan tentang bagaimana proses pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok kerajinan anyaman lidi sawit mandiri. Hasil penelitian yang dilakukan tentang pemberdayaan masyarakat melalui kelompok kerajinan anyaman lidi sawit mandiri maka dapat disimpulkan sebagai berikut dengan adanya pemberdayaan masyarakat melalui kelompok kerajinan anyaman lidi sawit mandiri yaitu dapat membantu masyarakat yang awalnya tidak bekerja sekarang sudah bekerja, membuka lowongan pekerjaan, sehingga dengan adanya kelompok kerajinan anyaman lidi sawit mandiri ini dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi keluarga yang ada di Desa Karang Gading Kecamatan Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Sep 2022 09:19
Last Modified: 01 Sep 2022 09:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15628

Actions (login required)

View Item View Item