Mekanisme Pembiayaan Back to Back Selama Covid-19 PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan Sumatera Utara 2020-2021

Ariska, Ariska (2022) Mekanisme Pembiayaan Back to Back Selama Covid-19 PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Pembantu Panyabungan Sumatera Utara 2020-2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI ARISKA (0503173287) PERBANKAN SYARIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Back to Back merupakan produk pembiayaan dimana nasabah dapat mengajukan pembiayaan dengan memberikan jaminan berupa deposito yang dimilikinya di bank syariah yang bersangkutan. Pembiayaan adalah secara umum penyediaan uang atau tagihan yang dapat dipersamakan dengan itu, berdasarkan persetujuan tau kesepakatan antara bank dengan pihak lain yang mewajibkan pihak yang dibiayai untuk mengembalikan uang atau tagihan tersebut setelah jangka waktu tertentu dengan imbalan bagi hasil. Deposito termasuk produk penghimpun dana dengan menggunakan prinsip mudharabah. Nasabah menyimpan uangnya di bank syariah, dan bank syariah menggunakan sebagai produk pembiayaan. Pada deposito mudharabah hanya dapat dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang telah disepakati. Tujuan didalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Mekanisme Pembiayaan Back to Back selama Covid-19 pada Bank Muamalat Indonesia KCP Panyabungan, dan untuk mengetahui bagaimana Penyelesaian Pembiayaan Bermasalah pada Produk Pembiayaan Back to Back. Di Bank Muamalat selama Covid-19 mengalami perubahan seperti pengaturan kerja WFH dalan WFO, mengupdate Self Assesment pada Aplikasi khusus karyawan BMI, mengurangi visit ke nasabah dengan cara lebih mengoptimalkan komunikasi secara virtual baik melalui media WA, Zoom, dll. Sedangkan terhadap nasabah mengedukasi nasabah agar lebih mengoptimalkan transaksi elektronik baik transaksi non tunai bisa dilakukan Internet Banking untuk transaksi tunai diarahkan agar dilakukan melalui mesin ATM.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.27 Bank
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1 > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2022 08:25
Last Modified: 01 Sep 2022 08:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15621

Actions (login required)

View Item View Item