Determinan Pemberian Asi Eksklusif Di Klinik Murni Kelurahan Sibuluan Kabupaten Tapanuli Tengah

Sufi’Izza, Siti Nur (2021) Determinan Pemberian Asi Eksklusif Di Klinik Murni Kelurahan Sibuluan Kabupaten Tapanuli Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI_SITI NUR SUFI'IZZA_0801171076_FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT.pdf

Download (2MB)

Abstract

Air susu ibu (ASI) merupakan sumber gizi dengan komposisi seimbang untuk kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan bayi. Secara nasional, cakupan bayi mendapat ASI Eksklusif tahun 2019 yaitu sebesar 67,74%. Menurut Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, bayi yang mendapatkan ASI Eksklusif berada pada angka 34,86% di mana capaian ini masih jauh dari target. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui determinan pemberian Asi Eksklusif di Klinik Murni Kelurahan Sibuluan. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif dengan menggunakan desain cross sectional. Penelitian ini dilakukan di Klinik Murni Kelurahan Sibuluan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara dengan melibatkan sampel penelitian berjumlah 61 orang yang ditentukan secara simple random sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner tertutup dan dimodifikasi dari penelitian sebelumnya dan telah di uji validitas dan reliabilitas. Pada hasil penelitian ditemukan variabel yang berhubungan dengan pemberian Asi Eksklusif yaitu Pengetahuan (p= 0.009), Lingkungan sosial (p=0,021), Psikologi (p=0.001), dan Peran Petugas Kesehatan (p= 0.006). Sementara Pekerjaan dan Tingkat Pendidikan tidak ditemukan signifikan. Diharapkan tenaga kesehatan lebih meningkatkan kinerja dalam peningkatan pemberian Asi Eksklusif, diharapkan lebih memberikan dukungan dan apresiasi terhadap ibu dalam pemberian Asi secara Eksklusif, dan diharapkan untuk peneliti selanjutnya dapat digunakan sebagai referensi data guna pengembangan penelitian.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Asi Eksklusif, Pengetahuan, Pekerjaan, Pendidikan, Lingkungan, Psikologi, Peran Petugas Kesehatan.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2022 07:28
Last Modified: 01 Sep 2022 07:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15620

Actions (login required)

View Item View Item