Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Dengan Penerapan 4R (Reuse, Reduce, Recycle, Replace) Pada Masyarakat Di Desa Sei Bejangkar

Hasanah, Ramadhani Putri (2021) Hubungan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Dengan Penerapan 4R (Reuse, Reduce, Recycle, Replace) Pada Masyarakat Di Desa Sei Bejangkar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI RAMADHANI PUTRI HASANAH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penerapan sistem 4R (Reuse, Reduce, Recycle, Replace) salah satu solusi pengelolaan sampah yang paling efektif, tetapi penerapan 4R tidak akan berhasil jika tidak ada peran antara pemerintah setempat dengan masyarakat. Penerapan 4R ini sangat berkaitan erat dengan pengetahuan, sikap maupun perilaku atau tindakan seseorang.Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap, dan tindakan dengan penerapan 4R pada masyarakat Desa Sei Bejangkar yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2021 sampai dengan bulan Februari 2022.Jenis Penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectionaldengan jumlah sampel 111 orang menggunakan uji chi-square. Hasil uji chi-squaremenunjukkan bahwa adanya hubungan signifikan antara pengetahuan (p=0.000), sikap (p=0.016)tindakan (p=0.000) dengan penerapan 4R. Sehubung dengan penelitian ini, penulis menyarankan agar pemerintah setempat lebih berperan aktif lagi dan diharapkan dapat memberikan penyuluhan atau edukasi tentang pentingnya penerapan 4R dikehidupan sehari-hari.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan 4R, Pengetahuan, Sikap, Tindakan
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:53
Last Modified: 01 Sep 2022 06:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15617

Actions (login required)

View Item View Item