Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran Dan Pendapatan Masyarakat Terhadap Perilaku Membayar Zakat Mal Di DESA Sikapas Mandailing Natal

Fitri, Antika (2022) Pengaruh Pengetahuan, Kesadaran Dan Pendapatan Masyarakat Terhadap Perilaku Membayar Zakat Mal Di DESA Sikapas Mandailing Natal. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI ANTIKA FITRI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis adakah pengaruh pengetahuan, kesadaran dan pendapatan terhadap perilaku masyarakat dalam membayar zakat mal di Desa Sikapas Mandailing Natal. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kejanggalan pada praktek pembayaran zakat mal di Desa Sikapas Mandailing Natal salah satu kejanggalan tersebut adalah pada saat pembayaran zakat mal muzakki tidak menyebutkan dengan jelas besar nishab harta berdasarkan sumber harta yang dimiliki kepada mustahiq zakat. Metode penelitian ini dilakukan dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden yang ditentukan dengan teknik perhitungan yang dikemukakan oleh Slovin dengan metode purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner kepada responden dengan menyebarkannya secara langsung. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji kualitas data, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis dengan menggunakan program SPSS versi 22. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku membayar zakat mal, kesadaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku membayar zakat mal, dan variabel pendapatan tidak berpengaruh terhadap perilaku membayar zakat mal. Persentase pengaruh variabel pengetahuan, kesadaran dan pendapatan terhadap perilaku masyarakat dalam membayar zakat mal secara bersama-sama sebesar 72%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Membayar Zakat Mal, Pengetahuan, Kesadaran, Pendapatan
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Sep 2022 06:44
Last Modified: 01 Sep 2022 06:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15614

Actions (login required)

View Item View Item