Living Qur’ân: Fadhîlah Surah al-Mulk dalam Tafsir Ibnu Katsîr (Kajian terhadap Tradisi dalam Membaca Surah al-Mulk Ba’da Maghrib di Pondok Pesantren Dârul ‘Ulûm Muara Mais Jambur Kabupaten Mandailing Natal)

Halimah, Halimah (2020) Living Qur’ân: Fadhîlah Surah al-Mulk dalam Tafsir Ibnu Katsîr (Kajian terhadap Tradisi dalam Membaca Surah al-Mulk Ba’da Maghrib di Pondok Pesantren Dârul ‘Ulûm Muara Mais Jambur Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Alquran merupakan kalam Allah yang mengandung ajaran dan tuntunan hidup bagi umat Islam. Fungsi yang demikian menjadikan para santri/santriwati Pondok Pesantren Dârul „Ulûm Muara Mais Jambur Kabupaten Mandailing Natal melakukan tradisi mengaji surah Surah al-Mulk setiap hari setelah melakukan shalat Maghrib berjamaah dan mengkaji Tafsir Ibnu Katsîr. Tradisi ini merupakan usulan dari H. Mawardi Lubis Addary, Pimpinan (Mudîr) Pondok Pesantren tersebut. Tradisi ini merupakan ciri khas yang membedakan Pondok Pesantren Dârul „Ulûm Muara Mais Jambur dengan pondok-pondok pesantren lainnya yang berada di Kabupaten Mandailing Natal. Sehingga, tradisi mengaji dan mengkaji Alquran ini memberikan dampak positif sebagai upaya untuk mencintai Alquran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja fadhîlah-fadhîlah surah alMulk. Kemudian, untuk mengetahui bagaimana metode tradisi mengaji surah alMulk dan mengkaji tafsîr Ibnu Katsîr di Pondok Pesantren Dârul „Ulûm Muara Mais Jambur Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan metode Living Qur‟ân dan merupakan jenis penelitian deskriptif-kualitatif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fadhîlah, Surah al-Mulk, Tradisi, Tafsir Ibnu Katsîr, Pondok Pesantren Dârul ‘Ulûm Muara Mais Jambur Kabupaten Mandailing Natal.
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:31
Last Modified: 01 Sep 2022 05:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15608

Actions (login required)

View Item View Item