Efektivitas Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Pajak Dalam Perspektif Maslahah Mursalah (Studi Kasus Pada Kantor Bersama SAMSAT Natal)

Ulya, Himmatul (2022) Efektivitas Program Pemutihan Pajak Kendaraan Bermotor Dalam Meningkatkan Kepatuhan Wajib Pajak Membayar Pajak Dalam Perspektif Maslahah Mursalah (Studi Kasus Pada Kantor Bersama SAMSAT Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Himmatul Ulya Final fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pemutihan PKB merupakan upaya yang dilakukan pemerintah untuk mendorong wajib pajak yang belum memenuhi kewajiban pajak kendaraannya dengan memberi keringanan sanksi keterlambatan pembayaran selama periode tertentu dengan tujuan untuk mendongkrak penerimaan piutang PKB dan mengurangi beban wajib pajak. Penelitian ini dilakukan di Kantor Bersama SAMSAT Natal, Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai teknik pengumpulan data dan didukung dengan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas program pemutihan PKB dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak membayar pajak, untuk mengetahui implementasi program ditinjau dari maslahah mursalah dan untuk mengetahui kendala dalam pelaksanaan program pemutihan PKB di Kantor Bersama SAMSAT Natal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas program pemutihan PKB dalam meningkatkan kepatuhan wajib pajak membayar pajak di Kantor Bersama SAMSAT Natal sudah efektif, dengan didasarkan pada 5 indikator efektivitas yaitu indikator efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Untuk implementasi program pemutihan PKB juga sesuai dengan teori dan syarat-syarat maslahah mursalah karena dapat memberikan kemaslahatan baik pemerintah maupun wajib pajak dalam ruang lingkup Kantor Bersama SAMSAT Natal. Pelaksanaan program pemutihan di Kantor Bersama SAMSAT Natal tidak terdapat kendala. Namun dari pihak wajib pajak masih terdapat kendala seperti kendala waktu karena kesibukan dan kendala ekonomi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pemutihan, PKB, Kepatuhan Wajib Pajak, Maslahah Mursalah
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Sep 2022 05:09
Last Modified: 01 Sep 2022 05:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15607

Actions (login required)

View Item View Item