Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pleaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa MTS Tahfidzul Quran Nurul Azmi Medan

Lubis, Firdha Chairani (2021) Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Terhadap Pleaksanaan Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat (PHBS) Pada Siswa MTS Tahfidzul Quran Nurul Azmi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Firdha Chairani Lubis FKM UINSU.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di sekolah merupakan kebutuhan mutlak. Penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang kurang akan memudahkan timbulnya penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan sikap terhadap pelaksanaan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) pada siswa MTS Tahfidzul Quran Nurul Azmi Medan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Sampel pada penelitian ini sebanyak 62 siswa dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Analisis data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan pengetahuan terhadap pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (p=0,003) dan tidak ada hubungan sikap terhadap pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat (p=0,208). Diharapkan sekolah dapat bekerjasama dengan puskesmas terdekat dalam memberikan penyuluhan mengenai kesehatan terutama penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan diharapkan siswa menghadiri setiap penyuluhan kesehatan terutama penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap, Pelaksanaan perilaku hidup bersih dan sehat
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:16
Last Modified: 30 Aug 2022 07:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15591

Actions (login required)

View Item View Item