Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi MTsN 2 Deli Serdang

Sari, Tri Rama (2021) Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Masa Pandemi MTsN 2 Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI TRI RAMA LENGKAP.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 2 Deli Serdang. Adapun tujuan penelitiannya yaitu untuk mengetahui 1) Prestasi belajar siswa di Masa Pandemi MTsN 2 Deli Serdang, 2) Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi MTsN 2 Deli Serdang, 3) Faktor penghambat dan pendukung peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi MTsN 2 Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah guru BK, siswa, kepala sekolah dan wali kelas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpuan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi MTsN 2 Deli Serdang. Adapun analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan, diperoleh hasil bahwa 1) Prestasi belajar siswa di masa pandemi MTsN 2 Deli Serdang yaitu siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi pelajaran saat mengikuti pembelajaran daring, 2) Peran guru bimbingan konseling dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi MTsN 2 Deli Serdang yaitu memberikan layanan konseling individu kepada siswa yang bermasalah dengan belajarnya dan memberikan layanan bimbingan belajar kepada siswa-siswa di madrasah tersebut 3) Faktor penghambat dan pendukung peran guru BK dalam meningkatkan prestasi belajar siswa di masa pandemi yaitu kondisi jarak jauh dalam memberikan layanan, dari siswanya, masih ada siswa yang belum memiliki handphone pribadi, dan koneksi jaringan yang buruk. Adapun faktor pendukungnya yaitu adanya kerja sama kepala sekolah, guru BK, wali kelas dan guru mata pelajaran, fasilitas BK yang memadai, alat telekomunikasi, dan jaringan internet yang stabil saat memberikan layanan secara daring.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pandemi, Guru BK, Prestasi Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 07:11
Last Modified: 30 Aug 2022 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15590

Actions (login required)

View Item View Item