Determinan Pemanfaatan Pelayanan BPJS Kesehatan Pada Peserta Non PBI Di Wilayah Kerja Puskesmas Bah Kapul Pematangsiantar

Ningrum, Ardany Suci (2021) Determinan Pemanfaatan Pelayanan BPJS Kesehatan Pada Peserta Non PBI Di Wilayah Kerja Puskesmas Bah Kapul Pematangsiantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI ARDANY SUCI NINGRUM (PEMINATAN AKK).pdf

Download (3MB)

Abstract

Peserta BPJS kesehatan dibagi atas dua golongan yakni BPJS Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan BPJS Bukan Penerima Bantuan Iuran (Non PBI). Pada Puskesmas Bahkapul Kecamatan Siantar Sitalasari bahwa yang menjadi peserta BPJS Non PBI lebih sedikit memanfaatkan pelayanan kesehatan apabila dibandingkan dengan jumlah kunjungan peserta BPJS PBI. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui determinan yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan BPJS kesehatan pada peserta Non PBI di wilayah kerja Puskesmas Bahkapul Pematangsiantar. Metode penelitian menggunakan Cross Sectional. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple Random Sampling. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan variabel ketersedian pelayanan kesehatan dengan nilai p value = 0,003 < nilai p value (α = 0,05), variable akses pelayanan kesehatan dengan nilai p value = 0,027 < (α = 0,05), variable pelayanan petugas nilai p value = 0,037 < (α = 0,05), variable dukungan petugas BPJS Kesehatan dengan nilai p value = 0,035 < (α = 0,05), dan variabel pengetahuan dengan nilai p value = 0,662 > (α = 0,05). Hasil analisis menunjukkan bahwa ada hubungan ketersediaan pelayanan kesehatan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan, ada hubungan antara akses pelayanan kesehatan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan, ada hubungan antara pelayanan petugas dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan, ada hubungan antara dukungan petugas BPJS Kesehatan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan, dan tidak ada hubungan antara pengetahuan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan. Variable yang paling berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan kesehatan adalah variable ketersediaan pelayanan kesehatan. Disarankan untuk ketersediaan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan Non PBI dapat ditingkatkan agar peserta BPJS Non PBI dapat memanfaatkan Puskesmas Bahkapul setiap saat sebagai wadah pelayanaan kesehatan serta tidak sulit ditemukan keberadaannya pada setiap dibutuhkan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Determinan, Pemanfaatan, BPJS Kesehatan, Non PBI
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 06:42
Last Modified: 30 Aug 2022 06:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15588

Actions (login required)

View Item View Item