Klasifikasi Nanas Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classification Pada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Panai Tengah

Rambe, Ramadiani Br. (2022) Klasifikasi Nanas Dengan Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classification Pada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Panai Tengah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Ramadiani 2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan hasil dari klasifikasi nanas dengan menggunakan algoritma naïve bayes classification pada Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Panai Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, metode kuantitatif, dan menggunakan data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Panai Tengah. Adapun jenis data yang dibutuhkan meliputi karakter agronomi nanas, yaitu: umur panen (hari), daerah tanam (ha), diameter buah (mm), bobot buah (kg), panjang buah (cm), tinggi tanaman (cm), dan produksi nanas dalam satu periode tanam (kg). Penelitian ini menggunakan metode algoritma naïve bayes classification karena merupakan metode yang baik di dalam mesin pembelajaran berdasarkan data training dengan menggunakan probabilitas bersyarat sebagai dasarnya. Selain itu naïve bayes classification juga memiliki kecepatan yang sangat cepat, ketepatan yang baik untuk semua data dan transparansi yang tanpa aturan. Sehingga dapat memudahkan peneliti menghitung dan menentukan kemungkinan-kemungkinan jenis nanas yang produktif dan tidak produktif dengan menggunakan semua atribut yang ada. Hasil dari penelitian ini memperoleh nilai accuracy sebesar 85,29%. Untuk kelas “Ya” pada prediction sebesar 85,71% dan untuk kelas “Tidak” pada prediction sebesar 84,62%. Karena memiliki nilai lebih dari 50% ini berarti kinerja naïve bayes yang diterapkan dalam permasalahan penelitian ini sudah cukup baik.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nanas Panai Tengah, Algoritma Naïve Bayes Classification, Accuracy
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:46
Last Modified: 30 Aug 2022 04:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15585

Actions (login required)

View Item View Item