Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Kalender Cerita Siswa MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan

Anggraini, Putri (2021) Keterampilan Membaca Pemahaman Menggunakan Media Kalender Cerita Siswa MIS Tarbiyah Islamiyah Al-Musthafawiyah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Putri Anggraini (Kualitatif).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahuiproses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas tiga dengan menggunakan media kalender cerita. 2) Mengetahui hasil pembelajaran keterampilan membaca pemahaman siswa kelas tiga dengan menggunakan media kalender cerita Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini, digunakan pendekatan penelitian kualitatif yang meliputi observasi, wawancara, dan penelitian dokumentasi.Penelitian ini dilaksanakan di kelas III MIS Tarbiyah Islamiyah Al Musthafawiyah Medan, sumber data diperoleh dari guru dan siswa kelas III yang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses pembelajaran keterampilan membaca pemahaman menggunakan media kalender cerita dikelas III berlangsung kurangefektifdikarenakan dalam prosesnya sebahagian siswa diawal pembelajaran harus diberikan stimulus respon untuk memunculkan semangat dan ketertarikan agar terlibat aktif secara keseluruhan. 2) Berdasarkan penanda pencapaian, hasil kemampuan pemahaman membaca anak memanfaatkan media kalender cerita dari keseluruhan jumlah siswa 28 orang belum mencapai 50 % dikarenakan hanya terdapat 10 orang siswa yang memiliki keterampilan membaca mulai dari proses membaca, menuliskan isi bacaan hingga menyampaikan kembali apa yang mereka tuliskan tersebut. Selanjutnya 9 orang dengan keterampilan membaca pemahaman cukup dan 9 orang lainnya tidak memiliki kemampuan untuk memahami apa yang mereka baca. Siswa dapat memahami bacaan dalam bentuk yang mudah baik proses maupun hasil.Secara keseluruhan penggunaan media kalender cerita kurang efektif dilakukan karena hasil yang diperoleh tidak sepenuhnya terpenuhi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Kalender Cerita
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:50
Last Modified: 30 Aug 2022 03:50
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15582

Actions (login required)

View Item View Item