Pengembangan Media Time Line Dalam Pembelajaran Sejarah Tumbuh Dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan

Hsb., Melly Mutiah (2021) Pengembangan Media Time Line Dalam Pembelajaran Sejarah Tumbuh Dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
perpus 3 s Melly.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui Pengembangan media Time Line dalam pembelajaran sejarah Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan di Sekolah MTS Arriyadul Mukhlisin.2) mengetahui kevalidan Pengembangan media Time Line dalam pembelajaran sejarah Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan di Sekolah MTS Arriyadul Mukhlisin. Dan 3) Untuk mengetahui Keefektifan Pengembangan media Time Line dalam pembelajaran sejarah Tumbuh dan Berkembangnya Semangat Kebangsaan di sekolah Arriyadul Mukhlisin . Metode yang digunakan peneliti menggunakan R&D (Reserch and Development) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementasion and Evaluation ) dilaksanakan di MTS Arriyadhul Mukhlisin di Mompang Jae Kecamatan Panyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal, Subjek uji coba penelitian seluruh kelas VIII yang terdiri dari 25 siswa. Pada penelitian ini dilakukan uji kelayakan berdasarkan penilaian 1 orang oleh ahli media dan 1 orang oleh ahli materi untuk melihat kelayakan mediasebelum dilakukan uji coba. Hasil penelitian menunjukkan 1)Pengembangan media pembelajaran Media Time Line pada materi pembelajaran sejarah tumbuh dan berkembangnya semangat kebangsaan di kelas kelas VIII MTs. Arriyadul Mukhlisin Mompang Jae Kecamatan Penyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal telah berhasil dikembangkan dengan menggunakan metode Research and Development dengan langkah-langkah pengembangan ADDIE, yakni analysis, design, development, implementation, evaluation. 2) Berdasarkan hasil analisis penilaian media pembelajaran berbasis aplikasi game time line oleh validator diperoleh presentase 87,5% oleh ahli media dan 90,90% oleh ahli materi. 3)Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini memenuhi krteria efektif hal ini ditunjukkan oleh ketuntasan siswa secara klasikal di kelas peserta didik kelas VIII MTs. Arriyadul Mukhlisin Mompang Jae Kecamatan Penyabungan Utara Kabupaten Mandailing Natal, dimana 23 dari 25 peserta didik tuntas belajar yakni dengan presentase 92%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media Time Line
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 03:15
Last Modified: 30 Aug 2022 03:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15577

Actions (login required)

View Item View Item