Humaira, Annisa (2021) Analisis Semiotika Representasi Cultural Branding Iklan Shopee. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
ANALISIS SEMIOTIKA REPRESENTASI CULTURAL BRANDING IKLAN SHOPEE terbaru.pdf Download (2MB) |
Abstract
Judul penelitian ini adalahAnalisis Semiotika Representasi Cultural Branding Iklan Shopee. Rumusan masalahnya menjelaskanbagaimana analisis semiotika representasi cultural branding iklan shopee dari tampilan desain 3 iklan shopee selama 3 bulan terakhir ditahun 2020.Tujuan penelitian inibagaimana analisis semiotika representasi cultural branding iklan shopee dari tampilan desain 3 iklan shopee selama 3 bulan terakhir ditahun 2020.Penelitian ini bermanfaat menambah kajianrepresentasi cultural branding iklan shopee dari tampilan desain 3 iklan shopee selama 3 bulan terakhir ditahun 2020.Penelitian ini menggunakan metode kualitatif analisis semiotika roland barthes. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwarepresentasi cultural brandingiklan shopee dari masing-masing tampilan desain ke-3 iklan Shopee yaitu diantaranya Iklan shopee 10.10 Brands Festival, 11.11 Big Sale Versi Tukul Arwana, 12.12 Birthday SaleVersi Stray Kids di media sosial Youtube masing-masing berdurasi 30 detik secara desain visual, sangat kreatif pengambilan konsep, pemilihan alur cerita selalumudah untuk dipahami walaupun dengan metode unrational (tidak rasional) yang tidak biasa (anti mainstream)sehingga dapat menarik perhatian khalayak dan pastinya akan meningkatkan minat konsumsi berbelanja online seperti promo-promo yang ditawarkan di shopee apalagi dimasa Covid-19 yang masih merebakbukan lagi fungsinya sebagai tempat berbelanja saja tapi marketplace belanja online masa kini sudah menjadi kebudayaan atau gaya hidup baruserta sudah menjadi kebiasaan dikalangan masyarakat manapun. Representasi cultural branding iklan shopeedari masing-masing tampilan desain 3 iklan shopee selama 3 bulan terakhir ditahun 2020 tersebut terlihat dari tanda dan makna yang ditelaah melalui teori semiotika Roland Barthes.
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 29 Aug 2022 08:07 |
Last Modified: | 29 Aug 2022 08:07 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15565 |
Actions (login required)
View Item |