Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gunungsitoli

Tanjung, Aidirahman (2022) Implementasi Penilaian Autentik Dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gunungsitoli. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
FULL TESIS AIDI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis : 1) Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gunungsitoli dan 2) Analisis hasil penilaian autentik dalam mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gunungsitoli. Penelitian tesis ini ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomologi. Teknikteknik pengumpulan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dukumen sedangkan untuk memperkuat kesahihan data hasil temuan dan keotentikan penelitian, maka peneliti mengacu kepada penggunaan standar keabsahan data terdiri dari creadibility, tranferability, dependability dan comfirmability. Hasil penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan penilaian autentik mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Gunungsitoli dilakukan pada awal pembelajaran, selama pembelajaran, dan setelah pembelajaran berlangsung. Penilaian yang dilakukan dalam pembelajaran Akidah Akhlak ini dilakukan secara terpadu. Penilaian ini dilakukan untuk mencapai kompetensi dalam Kurikulum 2013, dengan kegiatan mengajar yang mencakup tiga aspek penilaian yaitu, aspek kognitif, aspek afektif, dan aspek psikomotorik. Proses penilaian autentik mata pelajaran Akidah Akhlak dilakukan dengan menggunakan beberapa teknik penilaian yaitu tes tulis, tes lisan, penugasan, praktik, proyek, portofolio, observasi, penilaian diri, penilaian antar teman, dan jurnal guru, dan 2) Analisis hasil penilaian dilakukan oleh guru untuk mengetahui seberapa berhasil siswa menguasai materi yang telah disampaikan guru. Apabila ada peserta didik yang belum mencapai nilai KKM, maka guru melakukan program tindak lanjut dengan mengadakan remidi dan pengayaan bagi peserta didik. Analisis hasil penilaian juga dilakukan pada keseluruhan hasil nilai selama satu semester, serta pada setiap aspek.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X5 AKHLAK DAN TASAWUF
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Aug 2022 05:14
Last Modified: 29 Aug 2022 05:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15560

Actions (login required)

View Item View Item