Pengaruh Modal Dan Tingkat Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam Pada Industri Tekstil Di Kecamatan Medan Kota

Harahap, Debby Nadillah (2021) Pengaruh Modal Dan Tingkat Upah Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Dilihat Dari Perspektif Ekonomi Islam Pada Industri Tekstil Di Kecamatan Medan Kota. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
PENELITIAN EVIEWS 7 DEBBY NADILLAH. pdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam dunia usaha, modal dan upah memiliki pengaruh dalam penyerapan tenaga kerja. Ketika modal mengalami peningkatan untuk membeli mesin-mesin dan perlatan produksi perusahaan maka jumlah tenaga kerja yang bisa diserap akan mengalami semakin menurun, sedangkan ketika tingkat upah mengalami peningkatan, pemilik industri harus berfikir untuk memperkerjakan seseorang. Artinya, jumlah tenaga kerja yang diminta bisa semakin menurun. Hal ini dilakukan industri untuk mengurangi biaya yang harus ditanggung oleh industri tersebut. Berdasarkan Data laju modal industri, upah karyawan dan tenaga kerja industri tekstil di Kecamatan Medan Kota tahun 2015-2019, industri di Kecamatan Medan Kota perkembangan modal dan upah industri yang semakin meningkat per tahunnya diiringin dengan peningkatan tenaga kerja yang ada. Hal inilah yang menjadi perhatian khusus bagi penulis dalam melakukan penelitian ini, disebabkan keadaan nyata yang diperoleh penulis berbanding terbalik dengan teori yang dikemukakan oleh para ahli. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh upah dan modal pada terhadap penterapan tenaga kerja pada industri tekstil di Kecamatan Medan Kota. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data dari Dinas Perindustrian, data Badan Pusat Statistik (BPS). Penelitian ini menggunakan bantuan program Eviews 7.0. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data panel dimana Upah, Modal sebagai variabel independen dan Penyerapan Tenaga Kerja sebagai variabel dependen. Dalam pengujian yang dilakukan oleh penulis diperoleh hasil estimasi data panel dengan Fixed Effect Model (FEM) dijelaskan bahwa secara simultan modal dan tingkat upah berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja Pada Industri Tekstil Di Kecamatan Medan Kota pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sedangkan secara parsial hasil estimasi data panel dengan Fixed Effect Model (FEM) menjelaskan bahwa modal tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja Pada Industri Tekstil Di Kecamatan Medan Kota. Sedangkan tingkat upah berpengaruh signifikan dan positif terhadap penyerapan tenaga kerja Pada Industri Tekstil Di Kecamatan Medan Kota.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 29 Aug 2022 04:25
Last Modified: 29 Aug 2022 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15557

Actions (login required)

View Item View Item