Peran Remaja Masjid Al Ikhlas Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di Masyarakat Desa Panji Bako Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi

Manik, Nurkeke Roma A. (2021) Peran Remaja Masjid Al Ikhlas Dalam Meningkatkan Kegiatan Keagamaan Di Masyarakat Desa Panji Bako Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Nurkeke Manik.pdf

Download (2MB)

Abstract

Remaja masjid mempunyai kedudukan dan peranan yang sangat strategis dalam meningkatkan kegiatan keagamaan khususnya untuk masyarakat dan pembinaan remaja Islam di sekitarnya adapun fokus masalah penelitian ini adalah bagaimana peran remaja masjid dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di masyarakat Desa Panji Bako Kecamatan Sitinjo Kabupaten Dairi. Pada penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif yang mana penelitian kualitatif ini menghasilkan data berupa deskripsi (tulisan) atau lisan untuk menggambarkan keadaan yang ada dari orang-orang yang di wawancarai. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melakukan observasi lapangan, melakukan wawancara serta dokumentasi dari sumber informan yang ada seperti ketua dan anggota remaja masjid Al Ikhlas, BKM Al Ikhlas dan beberapa masyarakat desa Panji Bako. Hasil penelitian ini bahwa remaja Masjid Al Ikhlas yang ada di Desa panji Bako dalam menjalankan perannya dalam meningkatkan kegiatan keagamaan sudah cukup baik terlihat dari beberapa akitifitas kegiatan keagamaan yang di lakukan. Adapun peran remaja masjid Al Ikhlas dalam meningkatkan kegiatan keagamaan ialah: 1. Berpartisipasi dalam memakmurkan masjid, 2. Sebagai penggerak dan pendorong masyarakat, 3 mendukung kegiatan takmir Masjid, 4. Wahana Pendidikan danPembinaan remaja Masjid. Faktor yang mempengaruhi atau kondisi yang dapat mendorong atau menumbuhkan suatu kegiatan yang dilakukan oleh remaja Masjid dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di masyarakat Desa Panji Bako ialah: latar belakang anggota, sumber dana, fasilitas masjid, dan partisipasi masyarakat. Adapun kendala yang di hadapi oleh remaja Masjid Al Ikhlas dalam meningkatkan kegiatan keagamaan di masyarakat ialah berasal dari masyarakat dan remaja masjid itu sendiri.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.1 Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:22
Last Modified: 26 Aug 2022 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15544

Actions (login required)

View Item View Item