Komunikasi Kepala Madrasah Dengan Komite Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Gunung Sitoli

Maruhawa, Arenibi (2022) Komunikasi Kepala Madrasah Dengan Komite Madrasah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Gunung Sitoli. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
FULL TESIS ARENIBI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Menganalisis bentuk komunikasi Kepala Madrasah dengan Komite Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Gunung Sitoli, 2) Menganalisis aspek yang dikomunikasi Kepala Madrasah dengan Komite Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Gunung Sitoli, 3) Menganalisis media komunikasi yang digunakan Kepala Madarasah dengan Komite Madrasah untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Gunung Sitoli, dan 4) Menganalisis efektifitas komunikasi Kepala Madrasah dengan Komite untuk meningkatkan kinerja guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Gunung Sitoli. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan studi dukumen sedangkan untuk memperkuat kesahihan data hasil temuan dan keotentikan penelitian menggunakan standar keabsahan data yang disarankan oleh Lincoln & Guba, yang terdiri dari creadibility, tranferability, dependability dan comfirmability. Hasil penelitian ini adalah: 1) Bentuk komunikasi Kepala Madrasah dengan Komite Madrasah di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kota Gunung Sitoli berupa komunikasi verbal, 2) Aspek yang dikomunikasi Kepala Madrasah dengan Komite meliputi keseluruhan permasalahan yang berhubungan dengan madrasah, dan selalu dikomunikasikan dengan pihak komite. Kebijakan ini diambil agar program yang dibuat dapat dipertanggungjawabkan secara bersama-sama oleh pihak madrasah maupun orang tua peserta didik, 3) Media komunikasi yang dipergunakan oleh kepala madrasah dengan komite di MIN 2 Kota Gunungsitoli berupa HP, sharing, dan juga melalui suratmenyurat, dan 4) Keefektifan komunikasi Kepala madrasah dengan komite dalam meningkatkan kinerja guru di MIN 2 Kota Gunungsitoli tergambar melalaui keharmonisan hubungan kepala madrasah dengan guru dan komite, dengan cara ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja guru guna menghasilkan madrasah yang berkualitas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2022 07:15
Last Modified: 26 Aug 2022 07:15
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15542

Actions (login required)

View Item View Item