Problematika Pendidikan Agama Bagi Anak Keluarga Petani Muslim di Desa Klambir Lima Kecamatan Hamparan Perak

Ariani, Desy (2021) Problematika Pendidikan Agama Bagi Anak Keluarga Petani Muslim di Desa Klambir Lima Kecamatan Hamparan Perak. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Desy -1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan agama bagi anak keluarga petani muslim baik dari pendidik, metode, peserta didik, sarana prasarana serta hal-hal yang mendukung dalam pelaksanaannya dan problematika pendidikan agama bagi anak keluarga petani muslim dan juga upaya dari tokoh masyarakat dalam mengatasi problematika pendidikan agama bagi anak keluarga petani muslim di Desa Klambir Lima Kecamatan Hamparan Perak. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif didukung dengan penggunaan teknik pengumpulan data trianggulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi juga dengan teknik analisis data reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pelaksanaaan pendidikan agama bagi anak keluarga petani muslim di desa klambir lima belum cukup baik. Hal ini karena pengetahuan pendidikan agama pada anak belum cukup baik. Orang tua juga belum memiliki pengetahuan yang cukup mengenai pendidikan agama. Kemudian kurangnya keteladanan dari orang tua. Adapun problematika pendidikan agama bagi anak keluarga petani muslim di Desa Klambir Lima ialah adanya faktor ekonomi yang menyebabkan orang tua harus bekerja seharian dan kurang memperhatikan anaknya, dan lingkungan yang tidak mencerminkan pendidikan agama Islam, juga kurangnya lembaga pendidikan agama Islam untuk anak-anak di Desa Klambir Lima.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:52
Last Modified: 26 Aug 2022 04:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15539

Actions (login required)

View Item View Item