Budaya Lancang Kuning Dalam Pandangan Masyarakat Islam (Di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir)

Nur'aini, Nur'aini (2021) Budaya Lancang Kuning Dalam Pandangan Masyarakat Islam (Di Desa Panipahan Kecamatan Pasir Limau Kapas Kabupaten Rokan Hilir). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
skripsi Nuraini revisi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Budaya adalah pikiran akal budi atau adat istiadat secara bahasa. Budaya dapat berupa peninggalan nenek moyang atau orang-orang terdahulu yangmenjadi ciri khas suatu suku. Lancang kuning merupakan salah satu budaya dari suku melayu Panipahan yang diwarisi turun temurun. Lancang kuning di gunakan sebagai media pengobatan, dan seiring berkembangnya zaman Lancang Kuning pun mulai punah. Penelitian ini berjudul “Budaya Lancang Kuning Dalam Pandangan Masyarakat Islam”. Rumusan masalahnya adalah Bagaimana pandangan masyarakat Islam Terhadap Lancang Kuning di Panipahan dan faktor apa yang mendukung masyarakat masih melakukan pengobatan Lancang Kuning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pandangan masyarakat terhadap Lancang Kuning Dalam Pandangan Masyarakat Islam dan untuk mengetahui Faktor yang Mendukung Masyarakat Masih Melakukan Pengobatan Lancang Kuning. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang berorientasi pada penelitian lapangan dengan pendekatan Antropologi yang menggunakan teori fungsionalisme. Sumber data di hasilkan dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.Berdasarkan penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa pandangan masyarakat Islam terhadap Budaya Lancang Kuning di Panipahan yaitu Lancang Kuning sebagai media pengobatan, mengobati penyakit yang tidak bisa ditangani oleh medis. Tradisi ini masih dilakukan di Panipahan dan pandangan masyarakat terhadap tradisi lancang kuning ialah sebagian masyarakat mempertahankan tradisi ini dan sebagiannya juga meninggalkan. Islam tidak sama sekali menolak budaya atau tradisi yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, dengan syarat tidak bertentangan dengan ajaran Islam yang tertuang dalam Alquran dan Hadits Nabi SAW.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Studi Agama-Agama > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 26 Aug 2022 03:46
Last Modified: 26 Aug 2022 03:46
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15526

Actions (login required)

View Item View Item