Implementasi Kebijakan Program Kelurga Berencana (Studi Kasus Pemakaian Alat Kontrasepsi Dengan Implan dan IUD Di Puskesmas Bagan Asahan Kab. Asahan)

Imawi, Indri Sri (2022) Implementasi Kebijakan Program Kelurga Berencana (Studi Kasus Pemakaian Alat Kontrasepsi Dengan Implan dan IUD Di Puskesmas Bagan Asahan Kab. Asahan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Indri Sri Imawi, NIM. 0801172121 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

Program Keluarga Berencana (KB) merupakan salah satu program pemerintah yang dirancang untuk menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk di Indonesia. Program KB dilakukan juga untuk mensejahterakan masyarakat khsusnya dari sudu pandang ekonomi, dan juga kesehatan. Berdasarkan data peserta KB di Puskesmas Bagan Asahan Kab. Asahan khususnya peserta MKJP masih belum optimal ditahun 2020. Hal ini menunjukkan adanya kendala yang terjadi dilapangan sehingga terjadinya penurunan di program KB MKJP. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi program keluarga berencana di Puskesmas Bagan Asahan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan wawancara mendalam terhadap informan yaitu Kepala Seksi Program KIA/KB Kab. Asahan, Kepala Seksi Koordinasi Program KB Kab. Asahan, Kepala Puskesmas Bagan Asahan, Penanggung Jawab Program KB di Puskesmas Bagan Asagan dan Masyarakatagar diketahui secara jelas mengenai implementasi program keluarga berencana di Puskesmas Bagan Asahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi prorgam keluarga berencana di Puskesmas Bagan Asahan belum optimal. Hal ini dilihat dari komunikasi dengan metode penyuluhan secara door to door belum dilakukan oleh pihak Puskesmas atau BKKBN, serta kurangnya ahli tenaga kesehatan untuk pemegang program KB di Puskesmas Bagan Asahan. Dan masih kurangnya alat kontrasepsi MKJP khususnya Implan yang telah mengalami kekurangan semenjak tahun 2020. Berdasarkan hasil penelitian, diharapkan perlunya kerjasama antara instansi dengan pihak BKKBN,Dinas Kesehatan, dan MUI di Kab. Asahan agar peserta KB dapat meningkat khususnya dalam metode kontrasepsi jangka panjang (MKJP).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: implementasi, Program KB (MKJP pada Implan dan IUD)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association > 363 Other social problems and services
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:53
Last Modified: 25 Aug 2022 08:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15521

Actions (login required)

View Item View Item