Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Identitas Gender Anak Di Dusun Sei Sitorus, Desa Sei Jawi Jawi, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu

Maryam, Siti (2022) Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Identitas Gender Anak Di Dusun Sei Sitorus, Desa Sei Jawi Jawi, Kecamatan Panai Hulu, Kabupaten Labuhan Batu. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SITI MARYAM (0309171022) SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini menganalisa tentang peran orang tua dalam pembentukan identias gender anak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh orang tua dalam pemebentukan identitas gender anak. Untuk menjelaskannya, penelitian ini menggunakan teori Skema Gender dan teori Labelling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi Pustaka. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua, anak dan masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan pertanyaan penelitian menggunakan Teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa penanaman Identitas Gender yang dilakukan oleh orang tua mayoritas hampir sama. Dalam proses penanaman Identitas Gender orang tua mengenalkan terlebih dahulu jenis kelamin, lalu mengajarkan menjaga jenis kelamin, memberikan contoh perilaku yang baik kepada anak, dan memberikan barang, mainan dan pakaian serta warna sesuai dengan Identitas Gender anak. Lalu anak akan mengeskpresikan dirinya sesuai denga apa yang telah diajarkan sejak ia kecil, cara dia memandang dirinya sebagai laki laki atau perempuan lalu bertingkah sesuai dengan apa yang menurutnya benar dan menggambarkan dirinya dengan menggunakan barang dan pakaian sesuai dengan identitas gender.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Orang Tua, Identitas Gender, Anak
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:34
Last Modified: 25 Aug 2022 08:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item View Item