Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Hadits Di Pesantren At-Taufiqurrahman Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara

Silaen, Mardiana (2021) Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al- Qur’an Hadits Di Pesantren At-Taufiqurrahman Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MARDIANA SILAEN oke.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pengembangan kecerdasan sosial yang dilaksanakan oleh guru dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Pondok Pesantren At-Taufiqurrahman Gunung Melayu Kecamatan Kualuh Selatan Kabupaten Labuhanbatu Utara. Jenis penelitian pada skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Data penelitian ini berupa hasil pengamatan/observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data penelitian ini yaitu berasal dari guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadits sebagai informan kunci, sedangkan informan pendukungnya adalah santri/wati, Kepala Madrasah, dan kepala pengasuhan. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik analisis data menurut Miles dan Huberman yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Untuk membangun kepercayaan data penelitian digunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, tringulasi, analisis kasus negatif, menggunakan bahan referensi, dan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) kecerdasan sosial dikembangkan melalui persiapan pembelajaran, pembelajaran di dalam kelas, dan pembelajaran di luar kelas, (2) untuk pelaksanaan model pengembangan kecerdasan sosial pada embelajaran di dalam kelas meliputi kegiatan membuka pembelajaran, penyampaian materi evaluasi pembelajaran, dan kegiatan menutup pembelajaran. Sedangkan untuk pembelajaran di luar kelas yaitu berupa kegiatan pengasuhan, kegiatan masjid, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan asrama. (3) dalam mengembangkan kecerdasan sosial dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits dapat diklarifikasikan ke dalam model pengembangan dalam pembelajaran yaitu gabungan dari beberapa model, model pengembangan ASSURE dan model Dick & Carey. Adapun nilai-nilai sosial yang diterapkan di pesantren At-Taufiqurrahman khususnya dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu; kerja sama, saling tolong menolong, menghormati dan menghargai diri sendiri dan orang lain, sikap empati terhadap orang lain, dan sopan santun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Sosial, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 08:23
Last Modified: 25 Aug 2022 08:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15513

Actions (login required)

View Item View Item