Analisis Yuridis Furlough/Karyawan Yang Dirumahkan Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Uu No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Fiqh Siyasah ( Studi Di Pabrik Speaker PT. Bigband)

Prayoga, Dimas Agung (2020) Analisis Yuridis Furlough/Karyawan Yang Dirumahkan Pada Masa Pandemi Covid-19 Berdasarkan Uu No. 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan Dan Fiqh Siyasah ( Studi Di Pabrik Speaker PT. Bigband). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI DIMAS AGUNG PRAYOGA FAKULTAS SYARIAH DAN HUKUM JURUSAN HTN 2017.pdf

Download (705kB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai furlough atau merumahkan karyawan yang terjadi pada pabrik speaker PT. Bigband serta melihat dan mengetahui upaya pemerintah terhadap karyawan yang dirumahkan tersebut. Metode penelitian yang digunakan dipecahkan dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris, dengan menggunakan dua sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer ini didapatkan dari wawancara langsung kepada salah satu karyawan yang terdampak furlough, direktur utama perusahaan, dan sekretaris camat Medan Perjuangan, sedangkan data sekunder didapat dari buku dan jurnal yang berhubungan dengan skripsi ini. Hasil dari penilitian ini dapat disimpulkan bahwa . Termaktub dalam Surat Edaran Menteri Tenaga Kerja No 5 Tahun 1998 tentang Upah Pekerja yang Dirumahkan Bukan ke Arah Pemutusan Hubungan Kerja yaitu gaji karyawan yang dirumahkan tetap dibayar penuh Berdasarkan surat dengan ketentuan tetap membayar upahnya. Mengenai besaran upahnya, hal itu didasarkan pada kesepakatan kedua pihak. edaran tersebut, dengan ketentuan tetap membayar upahnya. Mengenai besaran upahnya, hal itu didasarkan pada kesepakatan kedua pihak. Dalam hal pemutusan hubungan kerja dengan alasan rasionalisasi atau kesalahan ringan pekerja/buruh dalam UU No. 13 Tahun 2003 dalam pasal 151 ayat (1) ditentukan bahwa "Pengusaha, pekerja/buruh, serikat pekerja/serikat buruh, dan pemerintah, dengan segala upaya harus mengusahakan agar jangan sampai terjadinya pemutusan hubungan kerja .karena seyogiyanya kalimat furlough condong mendekati dengan aktivitas pemutusan hubungan kerja.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Furlough, Pemerintah, dan Ekonomi
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.7 Hukum Internasional > 2X4.71 Hukum ketatanegaraan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Siyasah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:56
Last Modified: 25 Aug 2022 07:56
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15506

Actions (login required)

View Item View Item