Perbuatan Pemasungan Terhadap Penderita Skizofrenia Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam Dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatn Jiwa (Analisis Penelitian Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara)

Fadhillah, Rizki (2021) Perbuatan Pemasungan Terhadap Penderita Skizofrenia Dalam Perspektif Hukum Pidana Islam Dan Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatn Jiwa (Analisis Penelitian Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Rizki Fadhillah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di dasari karena perbuatan pemasungan masih dilakukan oleh keluarga penderita skizofrenia. Dan pemasungan ini merupakan perbuatan yang melanggar hak asasi manusia serta merupakan perbuatan merampas kemerdekaan seseorang, karena pemasungan yang dilakukan oleh keluarga dengan cara dikurung, dibalok serta dirantai. Skripsi ini fokus kepada faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya pemasungan pada penderita skizofrenia? Bagaimana pemasungan menurut perspektif Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2014 Tentang Kesehatan Jiwa dan Hukum Pidana Islam? dan memfokuskan Bagaimana upaya-upaya pemerintah menangani perbuatan pemasungan ini. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan, dengan menggunakan pendekatan mixed method (gabungan) antara pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Dimana didalam penelitian ini data kuantitatif berfungsi sebagai pelengkap dari data kualitatif agar mendapatkan analisis yang lengkap. Metode yang digunakan untuk mendapatkan gambaran yang objektif peneliti melakukan wawancara dengan salah satu pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, meminta data-data mengenai pemasungan berupa grafik dan tabel.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemasungan, Skizofrenia, Penegakan Hukum
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.5 Hukum Pidana/Jinayat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Jinayah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:59
Last Modified: 25 Aug 2022 04:59
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15494

Actions (login required)

View Item View Item