Pengaruh Religius dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pengurus Organisasi Santri Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung)

Siregar, Zulhazzi (2021) Pengaruh Religius dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kinerja Pengurus Organisasi Santri Dengan Motivasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus di Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung). Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Tesis Final_Zulhazzi Siregar.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pesantren merupakan instansi pendidikan Islam berorientasi pada kebermanfaatan hidup yang menekankan pentingnya memiliki sikap keberagamaan dan kecerdasan emosional yang baik pada diri santri sebagai bentuk motivasi yang mendukung untuk berkinerja baik dan membawa nama baik instansi pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bagaimana pengaruh langsung dan tidak langsung Religiusitas dan Kecerdasan Emosional terhadap Kinerja dengan Motivasi sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini adalah pengurus Organisasi Santri Pesantren Modern Nurul Hakim Tembung berjumlah 47 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif menggunakan analisis jalur dengan model regresi linear berganda dengan batuan SPSS versi 20. Hasil penelitian ini menemukan bahwa Religiusitas tidak berpengaruh terhadap Motivasi dengan sig. 0,097 > 0,05. Kecerdasan Emosional berpengaruh signifikan terhadap Motivasi dengan sig. 0,000 < 0,05. Motivasi tidak berpengaruh terhadap Kinerja dengan sig. 0,249 > 0,05. Secara tidak langsung Religiusitas tidak berpengaruh terhadap Kinerja melalui Motivasi dengan hasil 0,032 < 0,211 sebagai hasil pengaruh langsung. Secara tidak langsung Kecerdasan Emosional tidak berpengaruh terhadap Kinerja melalui Motivasi dengan hasil 0,182 < 0,467 sebagai hasil pengaruh langsung.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Uncontrolled Keywords: Religiusitas, Kecerdasan Emosional, Motivasi, Kinerja
Subjects: 2X6 SOSIAL DAN BUDAYA > 2X6.3 Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah S1
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:26
Last Modified: 25 Aug 2022 04:26
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15484

Actions (login required)

View Item View Item