Analisis Strategi Pemasaran Produk Alat Tulis Pada UD. H. Muslan Pulungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Di Tengah Pandemi Covid-19

Nst., Siti Maryam (2021) Analisis Strategi Pemasaran Produk Alat Tulis Pada UD. H. Muslan Pulungan Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Di Tengah Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Siti Maryam Nst.pdf

Download (670kB)

Abstract

Strategi pemasaran merupakan suatu proses yang mampu menghantarkan organisasi/perusahaan pada peluang pasar yang besar untuk meningkatkan penjualan dan meraih keunggulan yang diharapkan. Strategi pemasaran juga merupakan alat yang penting agar perusahaan mampu memenangkan persaingan dan mampu bertahan terlebih dimasa pandemi Covid-19. Pandemi Covdi-19 bukan hanya sekedar bencana kesehatan, tetapi telah menyebabkan kekacauan ekonomi. Objek dari penelitian ini adalah UD. H. Muslan Pulungan. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui strategi pemasaran produk alat tulis yang dilakukan oleh UD. H. Muslan Pulungan di tengah pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui strategi apa yang paling tepat guna meningkatkan penjualan produk alat tulis pada UD. H. Muslan Pulungan di tengah pandemi Covid-19. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan bersifat deskriptif kemudian dianalisis menggunakan analisis SWOT untuk mengetahui apa saja yang menjadi kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman dari strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UD. H. Muslan Pulungan sudah menerapkan strategi bauran pemasaran product, price, place dan promotion sebelum dan saat masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil analisis SWOT nilai skor matriks IFAS 3,37 hal ini menunjukkan bahwa UD. H. Muslan Pulungan berada pada posisi internal yang kuat dan nilai skor matriks EFAS 3,38 hal ini menunjukkan bahwa UD.H. Muslan Pulungan merespon peluang dengan sangat baik dan berusaha menghindari ancaman-ancaman yang datang. Strategi pemasaran yang tepat untuk meningkatkan penjualan produk alat tulis pada diagram cartesius menunujukkan posisi perusahaan pada kuadran I, yaitu mendukung strategi agresif. Pada posisi ini sangat menguntungkan bagi UD. H. Muslan Pulungan. Dimana perusahaan memiliki kekuatan sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada. Adapun strategi pemasaran yang digunakan perusahaan untuk meningkatkan penjualan yaitu memanfaatkan perkembangan teknologi untuk menyediakan produk yang lengkap dan kekinian, menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan mendesain toko semenarik mungkin dengan memanfaatkan perkembangan teknologi agar mampu menarik pelanggan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pemasaran, Produk, Alat Tulis, Covid-19
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:04
Last Modified: 25 Aug 2022 04:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15477

Actions (login required)

View Item View Item