Perlindungan Hak Khiyar Aib Toke Getah Dalam Transaksi Jual Beli Getah Karet Campuran Perspektif Mazhab Syafi’i (Studi Kasus Di Pasar Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal)

Sibarani, Yusnita Sari (2021) Perlindungan Hak Khiyar Aib Toke Getah Dalam Transaksi Jual Beli Getah Karet Campuran Perspektif Mazhab Syafi’i (Studi Kasus Di Pasar Kayu Laut Kecamatan Panyabungan Selatan Kabupaten Mandailing Natal). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI YUSNITA SARI SIBARANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah adanya ketidak sesuaian penerapan hak khiyar ‘aib antara penjual dan pembeli. Dimana barang yang mengandung ‘aib (cacat) yang diterima oleh Pembeli kemudian komplain dan meminta ganti rugi tetapi penjual (petani karet) tidak mau dan memberikan ganti rugi. Dari masalah diatas terdapat ketidak sesuaian dengan prinsip hukum Islam. Penelitian ini merupakan penelitian gabungan antara penelitian lapangan (field research) dan penelitian kepustakaan (library research). Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah wawancara dan Sumber data yang dikumpulkan adalah data primer yang diambil dari sejumlah responden yang terdiri dari pihak petani selaku penjual karet dan toke getah selaku pembeli karet. Yaitu penyimpangan atau kecurangan yang dilakukan oleh penjual (petani karet) dalam memanipulasi berat timbangan karet diisi dengan partikel dan kadar air yang banyak sehingga timbangan pun bertambah sedangkan pembeli (tengkulak karet) merasakan ruginya. Hasil dari penelitian ini yang berjudul Perlindungan Hak Khiyar Aib Toke Getah Dalam Transaksi Jual Beli Getah Karet Campuran Perspektif Mazhab Syafi’i menunjukkan tidak sah karena mengandung unsur gharar dan Manipulasi Pada kualitas objek akadnya sehingga ada pihak yang dirugikan dalam transaksi tersebu. Praktik Manipulasi penambahan Partikel pada getah karet berupa ditambahkannya serbuk kayu ke dalam lateks, ditambhakan tanah liat, dan juga menambah kadar air dengan campuran zat kimia dengan tujuan memanipulasi berat timbangan pada getah karet saat transaksi jual dan beli. Perlindungan hak khiyar ‘aib perapektif Mazhab Syafi’I tujuannya untuk mencapai kemaslahatan agar pihak pembeli dan penjual menerapkan unsur-unsur hak khiyar’ aib supaya tidak merasa kecewa atau dirugikan karena hakikatnya jual beli harus saling menguntungkan bagi kedua belah pihak tanpa terkecuali.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Khiyar, Getah, Karet, Campuran, Mazhab Syafi’i
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.2 Muamalah > 2X4.21 Jual beli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Aug 2022 08:47
Last Modified: 24 Aug 2022 08:47
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15466

Actions (login required)

View Item View Item