Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita

Wardiah, Leli (2021) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI LELI WARDIAH.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa memiliki peran yang cukup penting pada berlangsungnya proses pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penelitian mengenai: 1) Pandangan siswa terhadap proses pemecahan masalah matematika pada soal cerita. 2) Tahaptahap penyelesaian soal cerita yang dilakukan siswa. 3) Kemampuan pemecaahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan meneliti langsung ke lapangan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII-6 SMP PAB 2 Helvetia. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Mles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data yang sudah dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut: 1) Pandangan siswa terhadap proses pemecahan masalah pada soal cerita terbagi 3, yaitu : pertama, siswa menyukai dan mengganggap soal cerita mudah diselesaikan; kedua, siswa menyukai soal cerita tetapi merasa sulit untuk menyelesaikan soal cerita; ketiga, siswa tidak menyukai soal cerita dan menganggap sulit untuk menyelesaikan soal cerita. 2) Tahap-tahap penyelesaian soal cerita yang dilakukan siswa terbagi 3 kategori, yaitu: kategori rendah, kategori sedang, dan kategori tinggi. 3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita, pada tahap memahami masalah siswa dengan kemapuan tinggi dan sedang cukup mampu menyelesaikan soal cerita. Pada tahap membuat rencana dan melaksanakan rencana siswa dengan kemampuan sedang dan rendah sering melakukan kesalahan dalam memecahkan masalah soal cerita. Pada tahap memeriksa kembali, siswa dengan ketiga kemampuan diatas belum baik dalam melakukan tahap ini.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pemecahan Masalah, Soal Cerita
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2022 08:22
Last Modified: 24 Aug 2022 08:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15463

Actions (login required)

View Item View Item