Efektifitas Metode Halaqah Terhadap Kualitas Hafalan Alquran Siswa/i Di SD IT Al-Munadi Medan

Mardiati, Sri (2021) Efektifitas Metode Halaqah Terhadap Kualitas Hafalan Alquran Siswa/i Di SD IT Al-Munadi Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI SRI MARDIATI_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model atau cara mudah dan efektif dalam menghafal Alquran yang disebut dengan metode halaqah atau menghafal dengan kelompok telah berjalan sejak lama di SD IT Al-Munadi Medan. Menghafal dengan menggunakan metode halaqah berjalan dari tahap awal sehingga mengalami perkembangan dan kemajuan yang signifikan serta efektif dalam meningkatkan kualitas hafalan siswa/i SD IT Al-Munadi Medan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui metode halaqah di SD IT Al-Munadi dan kualitas hafalan Alquran siswa/i SD IT Al-Munadi dengan menggunakan metode halaqah serta keistimewaan dan kelemahan metode halaqah di SD IT Al-Munadi Medan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah beberapa pembimbing halaqah, koordinator Tahfizh, wakil kepala sekolah dan beberapa siswa mewakili kelas IV, V dan VI. Pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan langsung kelapangan (observasi), dan juga melakukan wawancara dengan para subjek penelitian, serta mengumpulkan dokumentasi-dokumentasi yang berhubungan dengan penelitian ini. Data-data yang telah peneliti kumpulkan kemudia peneliti analisi kembali secara deskriptif kualitatif, mengorganisasi data, memilah nya untuk disajikan, mencari dan menemukan apa-apa yang penting serta dapat dicerikan kepada orang lain. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa ada 4 level wajib yang harus diselesaikan ketika menempuh pendidikan disekolah itu, dan setiap kelompok halaqah akan dilakukan pengelompokan sesuai dengan level surah siswa/i nya. Pembimbing halaqah dalam kelompok halaqah nya juga menggunakan cara yang bervariasi dalam menunjang kemajuan dan perkembangan hafalan anggota halaqah nya, seperti muraja’ah, motivasi, penulisan, talaqqi. Hasil hafalan Alquran siswa secara umum meningkat menjadi berkualitas, namun tidak dalam waktu yang singkat, minimal dalam 1 semester. Diharapkan kedepannya progam halaqah ini terus menjadi wadah untuk menghafal dan meningkatkan kualitas hafalan Alquran siswa yang mampu melahirkan generasi yang cinta kepada Alquran dan menjadikan Alquran sebagai pedoman dan petunjuk didalam kehidupan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Halaqah, Menghafal, Alquran
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.32 Tingkat Ibtidaiyah dan bustanul athfal/taman kanak-kanak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 24 Aug 2022 08:10
Last Modified: 24 Aug 2022 08:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15460

Actions (login required)

View Item View Item