Hubungan Karakteristik Pasangan Usia Subur Dengan Keikutsertaan Dalam Program Keluarga Berencana Di Desa Bandar Rahmat Kabupaten Batu Bara

Zhelawani, Adela Yuga (2022) Hubungan Karakteristik Pasangan Usia Subur Dengan Keikutsertaan Dalam Program Keluarga Berencana Di Desa Bandar Rahmat Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI FKM ADELAYZ-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Program KB merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk meningkatkan ketahanan keluarga, kesehatan, dan keselamatan ibu maupun anak. Pertumbuhan penduduk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2015-2019 meningkat sebesar 1,49% per tahun, oleh karena itu menjadi salah satu permasalahan kependudukan dan pembangunan bangsa Indonesia. Berdasarkan survei awal dan wawancara yang telah dilakukan kepada 5 orang PUS di Desa Bandar Rahmat, ada beberapa alasan PUS tidak mengikuti program KB. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan karakterisktik pasangan usia subur dengan keikutsertaan dalam program keluarga berencana di Desa Bandar Rahmat Kabupaten Batu Bara. Jenis penelitian ini kuantitatif yaitu dengan survei analitik. Menggunakan desain penelitian cross sectional. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dengan sampel 77 orang. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara pendidikan dengan keikutsertaan program keluarga berencana dengan (p-value 0.004), status pekerjaan (p-value 0.011), jumlah anak (p-value 0.001), dan pengetahuan (p-value 0.003). Namun tidak terdapat hubungan antara umur dengan keikutsertaan dalam program keluarga berencana (p-value 0.475) dan pendapatan (p-value 0.643).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Pasangan Usia Subur, Keikutsertaan,Program Keluaga Berencana
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine > 613 Personal Health & Safety
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:53
Last Modified: 24 Aug 2022 04:53
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15440

Actions (login required)

View Item View Item