Manajemen Pengelolaan Sampah Di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematangsiantar

Utami, Fikha Syra (2022) Manajemen Pengelolaan Sampah Di Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematangsiantar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI FKM FIKHA SYRA UTAMI (0801172225).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pengelolaan sampah dilakukan agar tidak berdampak pada pencemaran lingkungan. Tujuan dari pengelolaan sampah di Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPA) yaitu untuk memproses dan mengembalikan sampah ke media lingkungan secara aman bagi manusia dan lingkungan. Kegiatan pengelolaan sampah tidak dapat terlepas dari bagaimana proses manajemennya, yang terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengawasan dan juga dilihat dari unsur-unsur manajemen yang ada. Penelitian ini dilakukan di TPA Kelurahan Tanjung Pinggir, yang telah dinyatakan overload sejak tahun 2020. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana manajemen pengelolaan sampah di TPA Kelurahan Tanjung Pinggir. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskripsi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pengelolaan sampah di TPA Kelurahan Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematangsiantar sudah terlaksana dengan baik, akan tetapi masih belum optimal. Masih banyak kendala yang terjadi dalam pengelolaan sampah TPA Tanjung Pinggir seperti kurangnya lahan untuk memilah sampah, masih kurangnya sarana dan prasarana pada pengelolaan sampah. Diharapkan dengan adanya pengelolaan yang ada pada TPA Tanjung Pinggir dapat merubah pola pikir dari pemerintah Kota Pematangsiantar agar lebih memperhatikan kondisi dan sarana TPA Tanjung Pinggir Kecamatan Siantar Martoba Kota Pematangsiantar.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:35
Last Modified: 24 Aug 2022 04:35
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15437

Actions (login required)

View Item View Item