Strategi Komunikasi Radio Al-Fatih Dalam Menarik Minat Pendengar (Studi Pada Radio 107.3 FM)

Reza, Vini (2021) Strategi Komunikasi Radio Al-Fatih Dalam Menarik Minat Pendengar (Studi Pada Radio 107.3 FM). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Vini_.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi dan promosi serta hambatan Radio Al-Fatih dalam menarik minat pendengarnya. Pemilihan Radio Al-Fatih sebagai objek penelitian didasarkan terhadap pertumbuhan dan fenomena pendengar radio di Kota Medan yang membutuhkan informasi, hiburan, dan program keagamaan. Radio Al-Fatih berada dihadapkan dengan berbagai radio lainnya di Kota Medan yang berusaha menawarkan banyak program menarik. Hal tersebut yang menjadi alasan penelitian ini berfokus terhadap strategi komunikasi Radio AlFatih dalam menarik minat pendengarnya melalui berbagai persaingan jumlah stasiun radio yang makin meningkat di Kota Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif dengan model field research, yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan gambaran fakta yang terjadi di lapangan. Penelitian ini menerapkan teori yang dikemukakan oleh Liliweri, yaitu lima indikator strategi komunikasi, seperti memberi tahu, motivasi, mendidik, penyebaran informasi, dan mendukung pembuatan keputusan. Temuan penelitian ini menunjukkan beberapa hasil, yaitu (1) Radio Al-Fatih berupaya memahami pendengarnya melalui pengenalan jenis pendengar, penyusunan kalimat terkait tema dan materi program siaran, serta penentuan metode pelaksanaan; (2) Radio Al-Fatih mengembangkan value brand melalui program yang berkualitas dan selektif dalam memilih narasumber/pengisi program; (3) Radio Al-Fatih mempertimbangkan daya tarik pendengarnya untuk memaksimalkan keuntungan melalui penyiar yang andal, perluasan jangkauan frekuensi, dan pengoptimalan media sosial; serta (4) Radio Al-Fatih memperhatikan kontrol arus pendengarnya, metode efektivitas produksi, serta pengawasan dan evaluasi program. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa strategi komunikasi Fatih berkaitan dengan perencanaan, taktik, dan rumusan yang akan digunakan untuk mencapai tujuannya. Oleh karena itu, strategi tersebut dapat dijalankan untuk menentukan target yang diinginkan serta memperinci masalah atau kondisi yang sedang dihadapi Radio Al-Fatih.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi, Radio Al-Fatih, dan Minat Pendengar
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:48
Last Modified: 24 Aug 2022 03:48
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15429

Actions (login required)

View Item View Item