Zakat Profesi Terhadap Pegawai Negri Sipil Di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Dalam Tinjauan Pendapat Wahbah Az-Zuhaili

Mawaddah, Mawaddah (2021) Zakat Profesi Terhadap Pegawai Negri Sipil Di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal Dalam Tinjauan Pendapat Wahbah Az-Zuhaili. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
1b8423f4-59b0-4f40-a1a7-5fa9bf0b759a.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menunaikan zakat harus memenuhi syarat-syaratnya baik syarat wajib maupun syarat sah. Wahbah Az-Zuhaili adalah salah satu tokoh ulama kontemporer menuliskan pikirannya di dalam kitabnya, Al-Fiqhul Islami wa Adillatuhu “ Yang menjadi ketetapan dari empat mazhab bahwa tidak ada zakat untuk mal mustafad (zakat profesi), kecuali bila telah mencapai nizab dan haul”. Sementara zakat profesi yang diterapkan di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal bertolak belakang dengan dengan zakat profesi menurut Wahbah Az-Zuhaili zakat profesi tidak ada zakatnya karna tidak ada landasan di dalam al-qur’an dan hadits. Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan pemungutan zakat profesi terhadap Pegawai Negri Sipil, pandangan Pegawai Negri Sipil terhadap zakat profesi di kecamatan panybungan, serta hukum penerapan zakat profesi terhadap Pegawai Negri Sipil dalam tinjauan pendapat Wahbah Az-Zuhaili. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research) di Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal. Metode pengumpulan data yang penulis gunakan adalah wawancara. Dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pemungutan zakat profesi di kecamatan panyabungan dilakukan dengan sistem potong gaji oleh bendaharawan instansi masing-masing. Setelah itu bendahara menyetornya ke rekening Baznas Mandailing Natal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X4 FIQH > 2X4.1 Ibadah > 2X4.14 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Aug 2022 12:01
Last Modified: 22 Aug 2022 12:01
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15404

Actions (login required)

View Item View Item