Studi Tentang Penerimaan Diri Siswa Terhadap Body Image Siswa SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan

Siregar, Evi Dayanti (2021) Studi Tentang Penerimaan Diri Siswa Terhadap Body Image Siswa SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
EVI DAYANTI SIREGAR SKRIPSI FIX.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang Penerimaan Diri Siswa Terhadap Body Image Siswa. Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus ketidak percaayan diri siswa terhadap kondisi fisik yang dimiliki oleh siswa tersebut. Peneliti juga melihat ketika observasi di sekolah SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan terdapat beberapa siswa yang memiliki penerimaan diri yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan bentuk penerimaan diri terhadap body image siswa, dampak, dan upaya guru BK dalam membentuk sikap penerimaan diri terhadp body image siswa di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif dan merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukanyaitu dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyajikan dan menyimpulkan data yang ada. Hasil penelitian menunjukkan: (1 Penerimaan diri terhadap body image kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan yang rendah. Hal tersebut dikarenakan masih terdapat beberapa siswa yang belum merasa kondisi fisik dan bentuk tubuh yang tidak menarik. Hal tersebut menimbulkan rasa ketidakpercayaan pada diri siswa yang mengakibatkan siswa ingin merubah kondisi fisik serta bentuk tubuhnya tersebut. (2) Dampak penerimaan body image terhadap perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan dapat mengganggu keberlangsungan belajar siswa. Dimana siswa tersebut bersifat seolah-olah acuh terhadap pelajarannya. Hal ini dikarenakan siswa tersebut tidak memiliki rasa percaya diri untuk mengemukakan pendapatnya di dalam kelas. Hal ini tentu saja sangat berpengaruh dalam kefektifan belajar siswa di dalam kelas. Hal tersebut sangat berpengaruh dalam keefektifan belajar siswa di kelas. (3) Upaya yang guru BK lakukan dalam menumbuhkan sikap peneriman diri terhadap body image siswa tersebut. Guru BK memberikan layanan informasi, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling kelompok, dan layanan konseling individual kepada siswa yang memang membutuhkan layanan tindak lanjut terhadap masalah penerimaan diri terhadap body image yang rendah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Siswa, Penerimaan Diri, Body Image
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.4 Bimbingan dan penyuluhan siswa, Bimbingan dan penyuluhan sekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 22 Aug 2022 10:04
Last Modified: 22 Aug 2022 10:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15391

Actions (login required)

View Item View Item