Strategi Pemasaran Tanaman Hias Dalam Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Tanaman Hias Di Desa Bunut Seberang Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan Sumatera Utara)

Khairani, Lisa (2021) Strategi Pemasaran Tanaman Hias Dalam Meningkatkan Penjualan Di Tengah Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pedagang Tanaman Hias Di Desa Bunut Seberang Kecamatan Pulo Bandring Kabupaten Asahan Sumatera Utara). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
LISA KHAIRANI SETELAH SIDANGXFIX.pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi pemasaran adalah serangkaian upaya untuk mencapai tujuan dan sasaran dalam menghadapi lingkungan bisnis dan keadaan persaingan yang selalu berubah. Salah satu tujuan utama strategi pemasaran adalah untuk meningkatkan penjualan. Terutama saat pandemi Covid-19 strategi pemasaran sangat penting untuk diterapkan demi menjaga kestabilan suatu usaha. Apalagi untuk usaha yang produknya mengenal trend seperti tanaman hias. Pedagang tanaman hias di Desa Bunut hingga kini masih mengandalkan pemasaran barang keluar daerah untuk meningkatkan penjualannya. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang tepat dalam meningkatkan penjualan tanaman hias pada masa pandemi Covid-19 di Desa Bunut Seberang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis SWOT identifikasi faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi suatu bisnis. Analisis ini didasarkan pada logika yang dapat memaksimalkan Kekuatan (Strenghts), Peluang (Opportunities), Kelemahan (Weakness), Ancaman (Treats).. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kekuatan utama dari pedagang bunga di Desa Bunut Seberang ini adalah karena daerahnya dikenal sebagi suatu daerah yang mengembangkan tanaman hias sehingga memiliki icon tanaman hias dan pot bunga. Dengan peluang masih sedikitnya daerah yang mengembangkan tanaman hias di sekitarnya. Maka strategi yang digunakan oleh para pedagang tanaman hias di desa Bunut seberang berada pada tipe kuadran 1 (Agresif) merupakan posisi yang menguntungkan dan berpeluang. Berdasarkan analisis strategi internal dengan nilai total skor 2,96 dan untuk nilai total skor faktor eksternal sebesar 2,65 yang berarti bahwa pedagang tanaman hias di Desa Bunut Seberang dapat memanfaatkan peluang yang ada secara maksimal, sehingga dapat menerapkan strategi yang mendukung pertumbuhan yang agresif

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 380 Commerce, communications, transport
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 08:08
Last Modified: 22 Aug 2022 08:08
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15389

Actions (login required)

View Item View Item