Akina, Muhammad (2022) Pengaruh Kecanduan Bermain Gadget Terhadap Minat Membaca Al-Qur’an (Studi Kasus Siswa/i MAN 1 Medan). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.
Text
Skripsi MUHAMMAD AKINA_0403172085.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penggunaan gadget pada siswa ketika belajar di kelas menjadi perhatian utama bagi penulis. Hal ini yang melatarbelakangi penulis untuk melaksanakan penelitian dan menjadikannya dalam bentuk karya ilmiah berupa skripsi. Maka, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecanduan bermain gadget dan tingkat minat membaca Al-Qur’an pada siswa/i Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan, serta mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kecanduan bermain gadget terhadap minat membaca Al-Qur’an pada siswa/i Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto dan pendekatan penelitian kausal. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/i Kelas XII IIK 1, 2, dan 3 Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan berjumlah 100 orang dan sampel penelitian sebanyak 75 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket sebanyak 18 butir pertanyaan dan sumber data penelitian berasal dari angket dan dokumentasi penelitian. Berdasarkan hasil analisis data statistik deskriptif, tingkat kecanduan bermain gadget pada siswa/i Madrasah Aliyah Negeri 1 Medan memiliki persentase sebesar 23,64% dan termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan, minat membaca Al-Qur’an memiliki persentase sebesar 42,72% dan termasuk dalam kategori sedang juga. Berdasarkan hasil analisis data statistik inferensial, dari pengujian korelasi Pearson Product Moment diperoleh nilai
Jenis Item: | Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Novita Sari |
Date Deposited: | 22 Aug 2022 06:36 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 06:36 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15384 |
Actions (login required)
View Item |