Implementasi Program Layanan Home Visit Dalam Optimalisasi Belajar Secara Daring Pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 1 Medan

Anggreini, Dea (2021) Implementasi Program Layanan Home Visit Dalam Optimalisasi Belajar Secara Daring Pada Peserta Didik di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI DEA ANGGREINI (0303172099).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan membahas tentang implementasi program layanan home visit dalam optimalisasi belajar siswa secara daring di SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Keseluruhan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Proses penyajian data dilakukan dengan pendekatan deskriptifkualitatif , yaitu analisis data yang dilakukan dengan menggunakan kata-kata untuk mengungkapkan fakta, variabel dan keadaan yang peneliti dapatkan ketika penelitian berlangsung serta menjelaskan data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Guru BK masih mengalami kendala dalam memberikan layanan home visit. Hal tersebut karena adanya orang tua siswa yang sulit untuk ditemui ketika dirumah karena adanya kesibukan pribadi sehingga tidak dapat menyempatkan waktu ketika dirumah. hal itu tentu saja membuat guru BK menjadi sulit bekerja sama dengan orang tua siswa. 2) Pelaksanaan program layanan home visit untuk mengoptimalisasikan kegiatan belajar siswa secara daring sudah berjalan dengan baik. Hal tersebut dikarenakan guru BK tetap memberikan layanan home visit dengan menerapkan protokol kesehatan. Guru BK di SMA Muhammadiyah 1 Medan terus membangun komunikasi yang baik dengan orang tua siswa. Bekerjasama dengan orang tua terkait setiap proses perkembangan belajar siswa yang tidak aktif dalam kegiatan belajar daring. 3) Solusi yang guru BK lakukan agar tetap dapat terus melakukan program home visit adalah memberikan pemahaman kepada orangtua bahwa, peran guru BK tidak hanya menangani siswa yang bermasalah saja, tetapi guru BK juga berperan dalam pemberian motivasi dan dorongan terhadap siswa terkait kendala yang dialami dalam kehidupan sehari-hari. Maka dari itu orangtua tidak perlu merasa malu apabila harus dilakukan kegiatan home visit dirumahnya. Karena bisa jadi dengan kegiatan home visit orang tua menjadi terbantu dalam mengawasi dan mengarahkan siswa untuk mencapai kehidupan yang lebih efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:16
Last Modified: 22 Aug 2022 06:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15382

Actions (login required)

View Item View Item