Pemahaman Islam Kaffah Menurut Perspektif Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) (Studi Kasus: Jalan Suasa Selatan Pasar III Gang Simin Kelurahan Mabar Hilir Kecamatan Medan Deli)

Ayustia, Reza Annisa (2021) Pemahaman Islam Kaffah Menurut Perspektif Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) (Studi Kasus: Jalan Suasa Selatan Pasar III Gang Simin Kelurahan Mabar Hilir Kecamatan Medan Deli). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapat jamaah Lembaga Dakwah Islam Indonesia tentang Islam kaffah, untuk mengetahui pandangan jamaah Lembaga Dakwah Islam Indonesia terhadap masyarakat sekitar dan pendapat masyarakat terhadap jamaah LDII. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan, dan menggambarkan sesuai permasalahan yang erat dalam penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara yang melibatkan para jamaah LDII, Amir dan pengurus LDII serta dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah teknik analisis data kualitatif menggunakan indikator efektivitas yang telah disesuaikan dan kemudian dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi, penyajian dan penyimpulan data. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa pemahaman Islam Kaffah menurut LDII yaitu bahwa pemaknaan dan penafsiran mengarah kepada syariah Islam yang bersumber pada Alquran dan Hadis. Sebagaimana suatu kondisi umat Islam yang harus bertakwa kepada Allah SWT, agar tidak menyempitkan cakrawala umat Islam tentang Islam yang mengajarkan untuk menyeluruh dari segi mana saja agar Islam mampu diterima dengan baik oleh siapa saja termasuk ajaran Islam yang dipakai LDII. Jamaah LDII memiliki harapan besar bahwa masyarakat akan mampu menerima ajaran Islam yang mereka bawa agar terjalinnya hubungan yang baik. Saat ini sebagian besar masyarakat Mabar memberikan respon positif terhadap keberadaan kelompok LDII di Desa Mabar semakin terbukanya pemikiran dan kesadaran masyarakat dalam menyikapi perbedaan diantara mereka

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X0 ISLAM (UMUM)
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Akidah dan Filsafat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 06:13
Last Modified: 22 Aug 2022 06:13
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15381

Actions (login required)

View Item View Item