Faktor Yang Berhubungan Dengan Masyarakat Dalam Memanfaatkan Kartu JKN Di Puskesmas Pagurawan Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara

Ermawati, Suri (2021) Faktor Yang Berhubungan Dengan Masyarakat Dalam Memanfaatkan Kartu JKN Di Puskesmas Pagurawan Kecamatan Medang Deras Kabupaten Batu Bara. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI SURI ERMAWATI (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada masyarakat yang jarak tempuhnya paling terdekat saja masih kurang keikutsertaan dalam program BPJS dan tak banyak pula masyarakat jika berobat ke puskesmas malas membawa kartu BPJS/JKN mereka ke puskesmas (Mardiansyah, 2018). Hal ini diketahui gambaran belum maksimalnya pemanfaatan kartu JKN di Puskesmas berkaitan dengan minat pengguna JKN sendiri.Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi masyarakat dalam memanfaatkan kartu JKN di Puskesmas Pagurawan Kecamatan Medang Deras yang dilaksanakan pada Desember-Januari 2021 dengan sampel sebanyak 90 responden. Teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan non random sampling dengan tehnik accidental sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner, analisis penelitian menggunakan uji Chi-Square dengan nilai α=0.05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang memiliki hubungan terhadap pemanfaatan kartu JKN adalah pengetahuan dengan nilai p value = 0,02, variabel jarak tempuh dengan nilai p value = 0,03, variabel pengeluaran rumah tangga dengan nilai p value = 0,007, sedangkan Variabel yang tidak ada hubunganya terhadap pemanfaatan kartu JKN adalah pendidikan dengan nilai p value = 0,487, variabel pekerjaan dengan nilai p value = 0,487 , variabel sikap petugas kesehatan dengan nilai p value = 0,089 dan variable keluhan sakit dengan nilai p value = 0,035 . Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel yang paling berhubungan terhadap kartu JKN yaitu pendidikan.Disarankan untuk para petugas kesehatan untuk lebih lagi melakukan edukasi ataupun sosialisasi kepada masayarakat yang memiliki kartu JKN untuk lebih menfaatkan kartu JKN ke puskesmas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:43
Last Modified: 22 Aug 2022 04:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item View Item