Strategi Perpustakaan Terapung Dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Di Kampung Nelayan Seberang Belawan

Husnah, Asmaul (2020) Strategi Perpustakaan Terapung Dalam Mengembangkan Minat Baca Anak Di Kampung Nelayan Seberang Belawan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI STRATEGI PERPUSTAKAAN-ASMAUL HSUANH_2020.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan minat baca anak di Perpustakaan Terapung Kampung Nelayan Seberang Belawan. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang yang digunakan oleh Perpustakaan Terapung dalam mengembangkan minat baca anak kampung nelayan yaitu; Belajar bersama perapung, Kegiatan literasi, menggambar, program seleksi beasiswa, program pengembangan relawan, Memperingati hari–hari besar meberikan hadiah berupa jajanan kepada anak- anak setelah selesai kegiatan, hal ini dilakukan agar anak-anak termotivasi dalam melakukan proses pembelajaran di Perpustakaan Terapung. Kendala yang dihadapi relawan di Perpustakaan Terapung adalah hanya beroperasional selama satu hari dalam seminggu, jadwal layanan yang kurang efektif untuk mengembangkan minat baca anak kampung nelayan, minimnya fasilitas, daerah yang terisolisir, kurangnya loyalitas relawan sehingga Perubahan strategi perpustakaan dalam mengembang kan minat baca anak di kampung nelayan seberang belawan terjadi secara signifikan, hal ini dibuktikan dari hasil analisis data yang menyatakan meningkatnya jumlah anak-anak yang mengikuti program pembelajaran dari tahun 2014 sebanyak 20 murid hingga kini tahun 2020 ada 60 murid di Perpustakaan Terapung Kampung Nelayan Seberang Belawan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 000 Generalities > 020 Library and information sciences
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Perpustakaan > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:22
Last Modified: 22 Aug 2022 04:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15374

Actions (login required)

View Item View Item