Analisis Cluster Untuk Mengklsifikasi Tingkat Kesejahteraan Sosial Masyarakat Di Kabupaten Deli Serdang Menggunakan Metode Fuzzy C-Mean Clustering Saat Pandemi Covid-19

Riana, Dwi Salasa (2021) Analisis Cluster Untuk Mengklsifikasi Tingkat Kesejahteraan Sosial Masyarakat Di Kabupaten Deli Serdang Menggunakan Metode Fuzzy C-Mean Clustering Saat Pandemi Covid-19. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
skripsi dwi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masa pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan sosial masyarakat yang terdampak di setiap daerah. Berdasarkan sumber data yang ada banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan kekuarangan pendapatan, maka pemerintah memberikan sejumlah bantuan untuk menolong para masyarakat yang terkena dampak Covid-19. Penelitian ini menggunakan data jumlah penerima bantuan sosial tunai (BST) di Kabupaten Deli Serdang pada tahun 2020 yang bertujuan untuk melihat permasalahan bantuan yang diterima masyarakat terhadap kesejahteraan sosial masyarakat. Penelitian ini menggunanakan metode fuzzy cmean clustering karena pengelompokkan kesejahteraan sosial dapat dengan tepat dikelompokkan. Berdasarkan hasil analisis fuzzy c-mean clustering akan menghasilkan tiga cluster yang memiliki karakteristik berbeda. KecamatanKecamatan yang termasuk di cluster 1 yaitu Kecamatan Hamparan Perak, Percut Sei Tuan, Sunggal, Tanjung Morawa merupakan kecamatan yang memiliki tingkat kesejahteraan yang kurang saat masa pandemi Covid-19 karena pada kecamatankecamatan tersebut jumlah penduduk lebih banyak dari pada Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Deli Serdang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesejahteraan Sosial masyatakat, bantuan sosial tunai (BST), Fuzzy CMean Clustering
Subjects: 300 Social sciences > 305 Social groups
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:09
Last Modified: 22 Aug 2022 04:09
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15371

Actions (login required)

View Item View Item